Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Berhasil Terapkan Budaya K3, PLN UIP KLB Terima Penghargaan Pemprov Kalbar

Hosting Murah
banner 468x60
Acara penyerahan Penghargaan Nihil Kecmenjauhkanaan Kerja atau Zero Accbuah pikirannt pada Puncak Bulan K3 Nasional Tahun 2024 di Hotel Golden Tulip Pontianak pada Februari 2024 lalu. Foto: PLN UIP KLB

JURNALIS.co.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) mencetak prestasi gemilang dengan menyentuh Penghargaan Nihil Kecmenjauhkanaan Kerja atau Zero Accbuah pikirannt. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Mohammad Bari smenjauhkanu Penmemangku (Pj) Sekertaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dalam acara bergengsi bertajuk Puncak Bulan K3 Nasional Tahun 2024 di Kota Pontianak.

banner 325x300

Acara yang dilaksanakan di Hotel Golden Tulip Pontianak pada bulan Februari 2024 lalu wisataut dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja serta Transmigrasi Provinsi Kalbar, Hermanus serta 46 perusahaan baik BUMN, BUMD serta Swasta yang tersebar di Provinsi Kalimantan Barat.

Bulan K3 Nasional diperingati selama sebulan penuh, terhitung sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2024. Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024, diselenggarakan serentak di seluruh tanah air dengan mengusung tema ‘Budayakan K3, Sehat serta Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’.

Saat membacakan sambutan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Republik Indonesia, dimana dalam penyampaiannya, Pj. Sekda Mohammad Bari menyebut bahwa Pembangunan Ekosistem Ketenagakerjaan yang Unggul, tidak hanya mengusung penyusunan registrasiulasi yang baik di bisertag ketenagakerjaan. Namun, yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pemahaman serta kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan nomorrma ketenagakerjaan.

“Salah satu kunci penting dari Pembangunan Ekosistem Ketenagakerjaan yang Unggul adalah dengan membangun budaya Keselamatan serta Kesehatan Kerja yang baik. Dengan asertaya budaya K3 yang unggul, maka angka kecmenjauhkanaan kerja serta penyakit akibat kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja,” ucap Bari.

Keberhasilan program K3 diharapkan dapat menekan kerugian, meningkatkan kualitas hidup, serta Indeks Pembangunan Manusia. Lebih jauh, implikasi dari keberhasilan penerapan K3 akan sangat menunjang pembangunan nasional, peningkatan daya saing nasional untuk menyentuh pembangunan yang berkelanjutan, serta peningkatan daya saing nasional di era global.

“Di tingkat internasional, Indonesia telah membuat komitmen yang sangat kuat untuk mewujudkan pekerjaan layak serta memainkan peranan penting guna memastikan bahwa persoalan ketenagakerjaan serta tenaga kerja dimasukkan dalam Sustainable Development Goals (SDGs),” tambah Bari.

Seseolah-olah salah satu unit PT PLN (Persero) yang memiliki tugas membangun infrastrukwisata ketenagalistrikan di wilayah Kalimantan Barat serta Kalimantan Tengah, PLN UIP KLB telah sukses menerapkan zero accbuah pikirannt serta mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalimantan Barat. Keberhasilan ini tidak terlecocok dari komitmen kuat serta langkah-langkah strategis yang diambil oleh manajemen serta seluruh tim di PLN UIP KLB.

“Kami sangat bangga serta bersyukur atas penghargaan ini. Ini adalah bukti nyata dari dedikasi serta kerja keras seluruh tim dalam menjaga keselamatan serta keamanan di daerah kerja,” ujar Muhammad Dahlan Djamaluddin, General Manager PLN UIP KLB.

Langkah-langkah konkret seperti Walkdown Manajemen, penerapan Budaya Inspeksi yang melibatkan rewarding bagi karyawan, baik internal PLN maupun kontraktor, serta penerapan CSMS (Contractor Safety Management System) telah menjadi landasan kuat dalam menyentuh prestasi ini.

Terhitung sejak dari 1 Januari 2021 sampai dengan 31 Desember 2023, PLN UIP KLB telah menyentuh 1.628.229 jam kerja orang tanpa kecmenjauhkanaan kerja bukan hanya menjadi prestasi tersendiri bagi unit tetapi juga merupakan sebuah komitmen untuk terus menjaga standar keselamatan yang tinggi di masa mendatang. “Ini membuktikan safety excellence sudah menjadi budaya di PLN UIP KLB. Kami terus berupaya mempertahankan capaian ini untuk tahun-tahun seterusnyanya,” imbuh Dahlan.

Zero accbuah pikirannt bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Ini membutuhkan komitmen yang kuat dari semua pihak, mulai dari manajemen hingga pegawai di lapangan. PLN UIP KLB telah berhasil menmembangunkan budaya keselamatan yang kuat di setiap lini kerjanya. “Kami percaya bahwa setiap kecmenjauhkanaan dapat dihindari, serta itulah yang menjadi komitmen kami. Kami terus menerapkan standar keselamatan tertinggi serta terus mengembangkan inomorvasi untuk memastikan setiap pekerjaan dilakukan dengan aman,” tambahnya.

“Penerapan budaya K3 di PLN UIP KLB dilakukan secara menyeluruh, baik di level pegawai maupun mitra kerja. Untuk itu kami mewakili manajemen mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan PLN UIP KLB serta mitra kerja yang telah menyokong termembangunnya penghargaan terkait safety ini,” tutup Dahlan. (hen)


banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *