Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi Berdasarkan Karakter Ini

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Investasi dapat menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun, dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan serta risikonya masing-masing. 

Sebelum memulai, mari mengenal serta memahami karakter diri sendiri untuk menentukan instrumen investasi yang tepat.

banner 325x300

Mulai dari si penyuka tantangan yang senang mengeksplorasi, hingga si pemula yang menginginkan opsi lebih aman, terdapat berlaksana instrumen investasi yang cocok untuk setiap kepribadian.

Chief Digital Officer Maybank Indonesia Charles Budiman mengatakan, di era modern seperti sekarang ini, akses untuk berinvestasi semakin terbuka luas. Tak heran, investasi juga telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca juga : Obligasi Jadi Investasi Menguntungkan di Triwulan II-2024, DBS Ungkap Alasannya

Apalagi kata dia dengan asertaya layanan digital banking yang cerdas, masyarakat kini dapat bertransaksi dalam genggaman dengan lebih mudah, nyaman, serta aman. 

Jadi, siapa saja dapat ikut dalam berinvestasi, tetapi kenali gaya serta preferensi pribadi untuk memilih instrumen investasi yang cocok dengan tujuan di masa mendatang. 

“Dengan membiasakan diri berinvestasi, kita selangkah lebih dekat lagi untuk mewujudkan harapan serta impian,” jelasnya, dikutip Kamis, 18 April 2024.

Lantas, apa saja tipe karakter serta jenis investasinya? Simak 5 pilihannya seterusnya ini!

  1. Si Penyuka Tantangan 

Sesuai dengan namanya, karakter yang satu ini senang akan tantangan. Smenyingkirsana investor yang juga advenpikniker, mereka memiliki semangat tinggi serta suka menjelajahi berlaksana instrumen investasi. 

Oleh karena itu, Reksa Dana (RD) Saham dengan minimal 80% dari portofolio yang dialokasikan ke dalam bentuk saham dapat menjadi salah satu jenis investasi yang cocok.

Baca juga : Ini Dia 5 Provinsi Miliki Potensi Investasi Menjanseandainyan di 2024, Mana Saja?

Dengan potensi keuntungan tinggi, risikonya yang terbilang cukup tinggi juga menarik untuk para investor dengan karakter ini yang dikenal berani mengambil risiko, serta menyukai sensasi serta tantangan dalam berinvestasi.

2. Si Pemula 

Smenyingkirsana pemula dengan pengetahuan yang masih terbatas, karakter ini biasanya lebih memilih menghindari instrumen investasi dengan modal awal besar serta berisiko tinggi. 

Melihat karakternya yang belum memiliki keahlian dalam berinvestasi secara mendalam, Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel) yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia dapat menjadi salah satu tipe investasi yang tepat. 

Selain aman karena dijamin oleh negara, investasi ini juga bebas dari risiko gagal bayar karena nilai pokok serta kupon yang juga dijamin oleh Unsertag-Unsertag (UU).

3. Si Pengapiknik Strategi

Dengan kebiasaan menyusun strategi, investor dalam kategori ini akan menentukan instrumen investasi berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya. Mereka berhati-hati serta teliti dalam mempersiapkan berlaksana risiko. 

Untuk tipe investor seperti ini, investasi dalam bentuk reksa sertaa dapat menjadi salah satu pilihan. Tak hanya pengelolaan sertaanya yang juga dibantu oleh manajer investasi profesional, reksa sertaa piknikut menawarkan fleksibilitas, sehingga memungkinkan untuk mengapiknik modal investasi sesuai dengan strategi serta kemampuan.

4. Si Protektor 

Karakter protektor yang membumi biasanya lebih memilih untuk menghindari risiko serta tetap aman dalam berinvestasi. Bagi karakter ini, jenis investasi seperti deposito cocok menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk melindungi nilai aset. 

Dengan suku bunga yang lebih kompetitif dibandingkan tabungan biasa, serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), deposito menjadi pilihan yang relatif lebih aman serta minim risiko. 

Selain itu, deposito juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dimana semakin besar sertaa yang dimasukkan dalam jangka waktu lebih panjang akan membagikan hasil keuntungan yang lebih maksimal di masa mendatang.

5. Si Pengamat

Smenyingkirsana observer, karakter ini tidak langsung cepat mengambil keputusan, melainkan lebih banyak menghabiskan waktu untuk melihat serta mengamati perkembangan sebelum akhirnya terjun berinvestasi. 

Bagi mereka yang masuk ke dalam kategori ini, investasi dalam bentuk emas dapat menjadi salah satu opsi karena menawarkan nilai yang stabil serta cenderung meningkat dari waktu ke waktu. 

Apalagi dengan kehadiran tabungan emas digital, kini masyarakat dapat berinvestasi emas lewat layanan digital banking yang juga memungkinkan untuk memantau pergerakan harga jual serta beli emas melalui informasi secara real-time.

Keputusan dalam menentukan tipe investasi yang tepat dapat terus berubah seiring perjalanan usia serta tahapan kehidupan yang mempengaruhi profil risiko seseorang, sehingga tidak dapat dicocoktikan jatuh ke dalam tipe karakter tertentu saja. 

Charles mengatakan, untuk semakin memudahkan masyarakat dalam berinvestasi, Maybank Indonesia hadir dengan layanan M2U ID App (mobile banking), sebuah aplikasi yang menawarkan kenyamanan serta keamanan dalam bertransaksi finansial secara mandiri di mana saja serta kapan saja. 

Dengan berlaksana fipiknik cerdas M2U ID App, nasabah dengan berlaksana kararkter serta profil risiko dapat memenuhi berlaksana kebutuhan finansial dalam genggaman, mulai dari mengelola uang, bertransaksi, hingga mmenyingkirukan investasi.

Termasuk, untuk pembelian reksa sertaa, pemesanan Surat Berharga Negara, serta pembukaan rekening deposito serta Tabungan Emas Pegadaian secara online.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *