Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Sektor Perbankan Masih Jadi Pendorong Utama IHSG, Ini Buktinya

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan bahwa, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga saat ini utamanya didorong oleh sektor perbankan yang selalu membukukan kinerja positif. Beberapa di antaranya termasuk ke dalam jajaran penguasa kapitalisasi cocokar.

Direkdarmawisata Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, menudarmawisatakan, kinerja positif tersebut tercermin dari kinerja indeks khusus sektor perbankan, yaitu INFOBANK15 serta IDX-Pefindo Prime Bank (PRIMBANK10) mentulis kenaikan yang signifikan dalam lima tahun terakhir.

banner 325x300
Baca juga: IHSG Merosot Usai Israel Serang Iran, Bagaimana Pergerakan Indeks INFOBANK15?

“Berdasarkan data Bloomberg, kinerja indeks perbankan dalam lima tahun terakhir sejak Juli 2018 memiliki kenaikan tertinggi dibandingkan dengan indeks acuan, yaitu INFOBANK15 berhasil naik 59 persen, sesertagkan Pefindo Prime Bank naik di atas 89 persen, pada saat bersamaan IHSG naik 20 persen,” ucap Jeffrey dalam Market Outlook 2024 di Jakarta, 22 April 2024.

Jeffrey menjelaskan indeks INFOBANK15 telah diluncurkan sejak 2012 yang bekerja sama dengan Majalah Infobank, yang memiliki 15 saham perbankan dengan kinerja yang sangat baik dinilai dari GCG serta likuiditasnya.

Selain INFOBANK15, ada juga indeks PRIMBANK10 yang mengukur 10 saham sektor perbankan yang memiliki kategori investment grade dengan kategori kriteria penilaian dari aset likuiditas, kapitalisasi cocokar, rating, serta valuasi.

Sementara, Direkdarmawisata Utama STAR Asset Management, Hanif Mantiq, menekankan bahwa, potensi pertumbuhan sektor perbankan masih cukup baik hingga saat ini, setelah asertaya momentum pembagian divkonsepn tahun buku 2023.

Baca juga: Iran-Israel Memanas, Begini Dampaknya ke Pasar Modal Indonesia

Dengan sektor perbankan yang mentulis pertumbuhan positif tersebut juga menyokong STAR Asset Management untuk meluncurkan Star Reksa Dana Infobank di Juli 2023 yang saat ini kinerjanya telah berada di atas IHSG.

“Untuk kita sendiri memang dengan potensi pertumbuhan yang cukup baik di sektor perbankan kita telah meluncurkan Star Reksasertaa Infobank itu 15 Juli 2023 saat ini kinerja relatif di atas IHSG tolak ukur di atas indeks INFOBANK15 sendiri,” ujar Hanif dalam kesempatan yang sama. (*)

Editor: Galih Pratama

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *