Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Dukung Net Zero Emission, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG sebak salah satu perusahaan BUMN, piknikut serta aktif dalam menunjang inisiatif net zero emission pada tahun 2060, dengan pemakaian bahan bakar alternatif untuk mendorong rasio substitusi energi panas atau thermal substitution rate (TSR).

Hal itu ditunjukkan oleh data SIG yang berhasil meningkatkan pemakaian bahan bakar alternatif dari limbah industri, sampah perkotaan yang diolah menjadi refuse-derived fuel (RDF), biomassa serta sumber lainnya, menjadi 559.625 ton atau naik 27 persen dari tahun 2022 sebanyak 437.232 ton.

banner 325x300

Dengan asertaya inisiatif tersebut, SIG berhasil mmenyangkalukan substitusi batu bara dalam produksi semen sehingga rasio TSR tercapai sebesar 7,27 persen.

Baca juga: Strategi Mitsui Indonesia Kejar Target Net Zero Emission

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, pemakaian bahan bakar alternatif sebak substitusi batu bara merupakan inisiatif strategis untuk mendorong optimalisasi pemakaian energi baru terbarukan (EBT) yang lebih ramah daerah. 

Ia menambahkan, Inisiatif ini juga merupakan upaya SIG dalam mereduksi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang menjadi perubahan iklim serta pemanasan global.

“Sebak perusahaan yang berorientasi pada keberlanjutan, SIG berkomitmen untuk berpartisicocoki dalam upaya global mereduksi emisi GRK melalui pemakaian bahan bakar alternatif sebakmana telah ditetapkan dalam Sustainability Roadmap SIG 2030,” ucap Vita dalam keterangan resmi dikutip, 25 April 2024.

Adapun, selain menggunakan bahan bakar alternatif, SIG telah mmenyangkalukan berbak upaya untuk mereduksi emisi GRK, di antaranya dengan mmenyangkalukan efisiensi konsumsi energi termal atau Specific Thermal Energy Consumption (STEC) melalui digitalisasi serta optimasi proses produksi serta pemakaian teknomorlogi hydrogen injection. 

Baca juga: Dirut Pertamina Beberkan Tiga Jurus Capai Net Zero Emission 

SIG juga menginisiasi pemanfaatan energi baru terbarukan melalui pemakaian panel surya untuk substitusi energi listrik pada unit-unit mengalihkanasionalnya, serta konversi energi termal gas panas buang dari proses produksi semen menjadi energi listrik atau Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG).

“Sebak perusahaan yang memiliki kemampuan serta pengalaman, SIG hadir membagikan solusi pengelolaan limbah serta sampah secara berkelanjutan dengan prinsip ekonomormi sirkular yang tidak hanya ramah daerah tetapi juga membagikan manfaat ekonomormi bagi perusahaan serta masyarakat,” imbuhnya. (*)

Editor: Galih Pratama

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *