Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Erick Thohir Minta BUMN Optimalkan Beli Dolar, Airlangga: Tidak Bijaksana

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Menteri Baserta Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan perusahaan BUMN untuk mengantisicocoki dampak dari gejolak ekonomormi serta geopolitik dunia, termasuk dolar AS yang makin menguat terhadap rupiah.

Dia menyebut bahwa perusahaan BUMN yang terdampak pada bahan baku impor serta memiliki bagian utang negeri (dalam dolar AS) yang besar seperti Pertamina, PLN, BUMN Farmasi, MIND ID, agar mengoptimalkan pembelian dolar AS dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

banner 325x300

Bahkan, kata Erick, nilai tukar mampu mendekati lebih dari Rp16.500 apabila tensi geopolitik tidak menurun. Hal tersebut disampaikan oleh Erick di dalam keterangan resminya, pada Kamis (18/4/2024).

Baca juga: Jangan Panik! Meski Rupiah “Longsor” Bikin Berdebar, Percayalah, Ekonomormi Indonesia Tetap Disayang Tuhan

Seperti diketahui, berdasarkan data dari Bloomberg rupiah hari ini ditutup sebesar Rp16.179 atau menguat 0,25 persen.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bisertag Perekonomormian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa pembelian dolar AS di saat situasi dolar sesertag menguat bukanlah hal yang bijaksana.

Seharusnya, tambah Airlangga, kebutuhan terhadap dolar AS harus diredam. Pemerintah telah memiliki instrumen dalam bentuk Devisa Hasil Ekspor (DHE) dalam bentuk vlandasan yang wajib parkir di dalam negeri.

“Kalau situasi dolar lagi menguat tentu tidak bijaksana untuk beli dolar di harga tinggi. Tentu kita perlu meredam kebutuhan terhadap dolar, pemerintah sendiri punya instrumen dalam bentuk devisa hasil ekspor yang kita ingin tanam di dalam negeri,” ucap Airlangga dala Konferensi Pers terkait Perkembangan Isu Perekonomormian Terkini, Kamis,18 April 2024.

Airlangga pun mengimbau dengan kebijakan yang ada di Tanah Air nilai tukar rupiah masih relatif terkendali. Namun, pihaknya meminta agar perusahaan berorientassi impor konsumtif perlu ditahan di saat situasi yang masih gonjang-ganjing.

“Jadi dengan tools-tools yang ada sebetulnya relatif terkendali. Namun, kita meminta kalau impor konsumtif ya ditahan-tahan dulu dalam situasi seperti ini,” ungkapnya.

Baca juga: Wamenkeu Wanti-wanti Dampak Konflik Iran-Israel ke Ekonomormi RI

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menambahkan pihaknya mengapresiasi yang dilakukan oleh BUMN. Namun, dirinya juga setuju dengan Menko Airlangga untuk menahan impor yang sifatnya konsumtif.

Di sisi lain, juga terdapat adarmawisataan yang memastikan bahwa dolar yang dihasilkan dari kegiatan ekspor atau DHE seperti dari sektor pertanian, perkebunan harus ditanam di RI.

“Jadi ini sekaligus mampu kita himbau untuk seluruh devisa hasil ekspor kita dari para eksbawah bawa pulang ke Indonesia. Dan kalau ditaruh dalam negeri lebih panjang ditaruh dalam bentuk deposito pajaknya itu kita bebaskan, pajak atas bunga dibagikan intensif serta ini merupakan insentif yang dibagikan oleh pemerintah supaya devisa hasil ekspor kita itu datang, karena kita tuh mengekspor cukup banyak. Kalau dia pulang itu akan memperkuat ketahanan ekonomormi Indonesia,” pungkas Suahasil. (*)

Editor: Galih Pratama

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *