Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

LPEI Mendorong Produk Home Decor dan Kerupuk Jawa Timur untuk Mendapatkan Pemasaran Global

Hosting Murah
banner 468x60

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) sedang mendorong produk dari Desa Devisa di Jawa Timur agar dapat diekspor. Pada akhir Januari 2024, LPEI dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah membuat tiga cluster baru di Desa Devisa Bojonegoro dan Gresik dengan fokus pada produk kerajinan home decor, produk rotan, dan kerupuk.

Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI, Ilham Mustafa, mengungkapkan bahwa kolaborasi antara LPEI dan Pemprov Jawa Timur memberikan peluang besar bagi perajin dan mitra binaan di Bojonegoro dan Gresik. Tujuan dari kolaborasi ini adalah meningkatkan daya saing produk lokal agar dapat bersaing di pasar ekspor dan memiliki dampak sosial, lingkungan, dan berkelanjutan.

banner 325x300

Program ini merupakan komitmen bersama LPEI dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan mempromosikan potensi produk unggulan Indonesia ke pasar global.

Dalam program ini, LPEI akan memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada 640 perajin dari 22 desa di Bojonegoro dan Gresik yang tergabung dalam tiga cluster Desa Devisa. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan memperluas akses pasar ekspor agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa tersebut.

Lebih dari 70 persen perajin yang terlibat dalam program ini adalah perempuan, yang memberikan dukungan kuat terhadap peran perempuan dalam pengembangan ekonomi lokal.

Melalui program Desa Devisa, LPEI mengidentifikasi potensi ekspor dari tiga produk tersebut dan memberikan serangkaian pelatihan dan pendampingan kepada UKM Ekspor, perajin, dan mitra binaan agar dapat memasuki pasar ekspor.

Klaster Desa Devisa Bojonegoro berfokus pada kerajinan home decor yang unik dari limbah kulit jagung. Para perajin yang sebagian besar adalah perempuan telah mendapatkan pelatihan untuk mengolah limbah kulit jagung menjadi berbagai produk kerajinan seperti lamp sheet, wall decor, dan cermin dinding hias.

Klaster Desa Devisa Rotan di Gresik memproduksi berbagai kerajinan rotan seperti kursi, meja, dan produk anyaman lainnya. Di sana, sekitar 350 perajin, dengan 70 persen di antaranya perempuan, memproduksi kerajinan rotan sesuai dengan permintaan pembeli.

Klaster Desa Devisa Kerupuk Ikan yang dikelola oleh BUMDes Pahala di Sidayu, Gresik, Jawa Timur, mengolah ikan segar menjadi kerupuk. Sekitar 225 perajin kerupuk di BUMDes Pahala menggunakan komposisi ikan yang lebih banyak untuk menjaga kualitas dan rasa kerupuk.

LPEI memberikan pendampingan kepada Desa Devisa Kerupuk Ikan untuk menembus pasar ekspor ke Thailand, Malaysia, dan Belanda dalam waktu dekat. Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat desa tersebut.

Editor: Galih Pratama

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *