Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Dukung Transformasi Digitalisasi, PLN UIP KLB Gas Pol Implementasi Aplikasi Motion

Hosting Murah
banner 468x60
Suasana rapat sosialisasi implementasi aplikasi Motion-PMO di Ruang Rapat Lemukutan, Kantor Induk PLN UIP KLB, Senin (29/01/2024). Foto: PLN UIP KLB

JURNALIS.co.id – Komitmen PT PLN (Persero) UIP Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP KLB) dalam menunjang Program Transformasi 2.0 pada pilar Digital Moonshots dbundaktikan dengan dilangsungkannya sosialisasi implementasi aplikasi Motion – Project Management Office (Motion – PMO) pada Senin (29/01/2024). Bertempat di Ruang Rapat Lemukutan, Kantor Induk PLN UIP KLB dengan dihadiri seluruh perwakilan bisertag serta unit pmenyangkalsana.

Senior Manager Operasi Konstruksi PLN UIP KLB Onda Irawan, mengatakan hadirnya aplikasi Motion – PMO ini merupakan pengembangan dari aplikasi PMO yang selama 3 tahun terakhir digunakan oleh PLN seseolah-olah langkah konsisten transformasi berbasis digital. Sehingga diharapkan hadirnya aplikasi ini dapat mempermudah pemantauan proyek secara komperhensif dengan penekanan kuat pada integrasi serta kemudahan akses data yang up to date bagi pemangku kepentingan.

banner 325x300

“Jika dibandingan dengan aplikasi PMO sebelumnya, aplikasi Motion-PMO ini dapat memudahkan dalam pembacaan data hasil monitoring melalui penggambaran end to end proyek dari awal RUPTL (Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik) hingga fase penyelesaian,” ujar Onda.

“Dengan tampilan yang lebih user friendly, tentunya akan sangat membantu para stakeholder dalam memahami kondisi suatu proyek seseolah-olah bahan pertimbangan pengambilan keputusan.” lanjut Onda.

General Manager PLN UIP KLB, Muhammad Dahlan Djamaluddin menegaskan, transformasi digitalisasi PLN sangat berperan terhadap penentuan arah kebijakan investasi PLN. Menurutnya, pemanfaatan aplikasi serta tools digital dapat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pengelolaan proyek infrastrukwisata ketenagalistrikan.

“Dalam perjalanannya, supervisi terhadap penerapan Motion-PMO secara efektif dari hulu ke hilir juga perlu kita lakukan, mengingat hal ini merupakan salah satu kunci keberhasilan pengelolaan proyek infrastrukwisata ketenagalistrikan serta memastikan investasi yang dilakukan oleh PLN sudah sesuai target,” ungkap Dahlan.

Pada tahun 2023, PLN UIP KLB diganjar dengan penghargaan seseolah-olah unit dengan Akurasi Data Project Management Office (PMO) terbaik. Tertulis ada 8 proyek yang telah berhasil dirampungkan sepanjang tahun 2023 diantaranya adalah SUTT 150 kV Kasongan – Kuala Kurun, SUTT 150 kV Sampit – Kuala Pembuang, SUTT 150 kV Nangabulik – Incomer, SUTT 150 kV Pangkalan Bun – Sukamara, GI 150 kV Kuala Pembuang, GI 150 kV Nangabulik, GI 150 kV Sukamara serta GI 150 kV Kuala Kurun. Diharapkan dengan hadirnya aplikasi Motion-PMO akan semakin banyak proyek terselesaikan sesuai target sehingga dapat memperkuat sistem ketenagalistrikan khususnya di wilayah Kalimantan.

Selain implementasi aplikasi Motion-PMO seseolah-olah upaya nyata transformasi digitalisasi, PLN juga menghadirkan dua aplikasi lain yang saling terintegrasi, yaitu SIDITA (Sistem Digital Tagihan) serta VIP (Vendor Invoicing Portal). Aplikasi SIDITA merupakan aplikasi pemroses persyaratan penagihan penyedia proyek investasi. Sementara VIP merupakan gerbang sentralisasi pembayaran vendor. Sehingga dengan terintegrasinya dua aplikasi tersebut akan menunjang termembentuknya Good Corporate Governance, proses penagihan pembayaran yang transparan serta akuntabel. (hen)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *