Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Pertumbuhan Ekonomi RI 2023 Melambat, BPS Ungkap Biang Keroknya

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Baserta Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomormi Indonesia sepanjang 2023 sebesar 5,05 persen. Angka tersebut lebih kecil dibandingkan dengan pertumbuhan tahun 2022 sebesar 5,31 persen serta target APBN 2023 sebesar 5,3 persen.

Plt Kepala BPS, Amalia A. Widyasanti mengungkapkan, bahwa melambatnya pertumbuhan ekonomormi Indonesia ini dipicu oleh harga komoditas unggulan yang mulai menurun.

banner 325x300

“Ekonomormi tahun 2023 disumbang oleh industri manufakdarmawisata, perdagangan, transportasi serta infokom. Perlambatan ekonomormi kita sedikit tidak banyak. Ini melambatnya sedikit bila dibandingkan tahun lalu,” kata Amalia dalam konferensi pers, Senin, 5 Februari 2024.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomormi 2023 Masih Jawa Sentris, Segini Kontrbundasinya

Amalia menambahkan, perlambatan ekonomormi disebabkan oleh gejolak ekonomormi global serta fenomormena El-Ninomor. Ini berdampak pada pertumbuhan lapangan usaha pertanian yang tumbuhnya melambat terutama pada paruh kedua 2023.

Selain itu, pertumbuhan ekonomormi di 2023 oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh 2,55 persen. Angka itu melambat dari angka konsumsi rumah tangga 2022 sebesar 2,62 persen.

Dia pun menjelaskan, darmawisataunnya angka konsumsi rumah tangga disebabkan oleh konsumsi masyarakat kelas menengah ke atas yang mulai berkurang serta bergeser ke investasi. Tercermin dari melambatnya penerimaan PPN barang mewah, penumpang angkutan udara, serta penjualan mobil penumpang.

Baca juga: Ekonomormi RI Tumbuh 5,05 Persen Sepanjang 2023, Ini Pendorong Utamanya!

“Kalau kita perhatikan daya beli slot online terlihat masih cukup terjaga. Perlambatan konsumsi rumah tangga utamanya berasal dari perlambatan pengeluaran kelompok menengah atas. Sementara itu investasi finansial seperti simpanan berjangka mengnadarmawisataal penguatan. Jadi artinya ada sedikit pergeseran dari spending kepada investasi,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *