Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Apa Saja Tiga Produk yang Harus Memiliki Sertifikat Halal pada Tahun 2024?

Hosting Murah
banner 468x60

Pemerintah telah mengumumkan bahwa tiga kelompok produk harus memiliki sertifikat halal sebelum 17 Oktober 2024. Kewajiban ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal (JPH). Kepala BPJPH Kementerian Agama (Kemenag), Muhammad Aqil Irham, menjelaskan bahwa tiga kelompok produk yang harus memiliki sertifikat halal adalah makanan dan minuman, bahan baku dan tambahan pangan untuk makanan dan minuman, serta produk hasil sembelihan dan jasa penyembelihan.

Aqil juga mengingatkan bahwa ada sanksi bagi mereka yang tidak mematuhi kewajiban ini. Sanksi tersebut dapat berupa peringatan tertulis, denda administratif, atau penarikan barang dari peredaran. Ia juga menegaskan bahwa ketentuan ini berlaku untuk semua jenis usaha, baik besar maupun kecil.

banner 325x300

Untuk memudahkan pelaku usaha, BPJPH menyediakan kuota Sertifikasi Halal Gratis atau Sehati melalui jalur sertifikasi halal self declare. Pelaku usaha dapat mengajukan sertifikasi halal melalui aplikasi Sihalal secara online selama 24 jam. Mereka tidak perlu lagi membawa berkas dokumen persyaratan ke kantor BPJPH atau PTSP di setiap Kanwil Kemenag atau Kankemenag di seluruh Indonesia.

Pemerintah mengimbau pelaku usaha, terutama dalam tiga kelompok produk tersebut, untuk segera mengurus sertifikat halal sebelum kewajiban ini diterapkan. Ini adalah kemudahan yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *