Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

PLN – Polri Berkolaborasi Edukasi Masyarakat Umum dari Bahaya Listrik sampai dengan Safety Riding

Hosting Murah
banner 468x60
Seorang siswa menerima hadiah dari PLN atas partisicocokinya pada acara Edukasi K3 Masyarakat Umum Safety Riding di SMK Negeri 3 Pontianak, Selasa (30/01/2024). Foto: PLN UIP KLB

JURNALIS.co.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) bersama Satlantas Polresta Pontianak mengadakan Edukasi Keselamatan serta Kesehatan Kerja (K3) untuk masyarakat umum di SMK Negeri 3 Pontianak pada Selasa (30/01/2024).

Sebanyak 62 siswa-siswi campuran dari kelas X, XI serta XII hadir mengikuti sosialisasi mengenai safety riding yang disampaikan oleh tim Satlantas Polresta Pontianak serta bahaya listrik yang disampaikan oleh tim K3L PLN UIP KLB. Materi sosialisasi yang disampaikan adalah untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan serta kewaspadaan dalam setiap kegiatan baik itu berkendara maupun ketika berhubungan dengan insttumpuani listrik.

banner 325x300

Acara edukasi ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala Satlantas Polresta Pontianak, AKP Eka Suwarna; Kepala Sekolah SMKN 3 Pontianak, Syahri; serta Manager Bisertag Keselamatan serta Kesehatan Kerja, Lingkungan serta Keamanan (K3L & KAM) PT PLN (Persero) UIP KLB Elga Bagus Sulaksmonomor.

“Anak-anak perlu mengetahui tentang safety atau keselamatan khususnya di sekolah. Listrik ini tidak kelihatan, tetapi dapat sangat berbahaya jikalau kita tidak berhati-hati. Sesertagkan, tertib dalam berkendara juga penting untuk diketahui agar anak-anak dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berkendara,” terang Kepala Sekolah SMKN 3 Pontianak, Syahri.

“Semoga materi ini dapat dimanfaatkan oleh para siswa/i sehingga dapat terhindar dari kecmengelokkanaan. Safety adalah hal utama dalam berlalu lintas maupun dalam berkegiatan dengan menggunakan alat listrik,” lanjutnya.

Wakil Kepala Satlantas Polresta Pontianak, AKP Eka Suwarna menjelaskan bahwa kecmengelokkanaan dalam berkendara itu dapat disebabkan oleh bersebagai faktor, tidak semata-mata human error atau kesalahan pengemudi, tetapi dapat juga dari faktor eksternal seperti fasilitas jalan maupun cuaca.

“Kecmengelokkanaan di Indonesia tahun 2023 lalu menjangkau lebih dari seratus rbunda masalah serta yang meninggal menjangkau 26.000 jiwa. Jadi jangan dianggap sebelah mata, kami mmengelokkanukan pembinaan safety riding untuk keselamatan bersama. Kita tertib di jalan jangan karena ada adarmawisataan, kita tertib di jalan karena keselamatan itu sendiri,” jelas Eka.

Sesebagai perusahaan yang menyediakan energi listrik kepada masyarakat, PLN juga memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat terkait bahaya listrik.

“Agenda edukasi K3 ini merupakan salah satu tanggung jawab kami PLN kepada masyarakat tentang keselamatan serta kesehatan kerja. Pada kesempatan kali ini, kami bekerja sama dengan Satlantas Polresta Pontianak untuk membagikan edukasi kepada masyarakat dalam hal ini siswa/i SMK Negeri 3 Pontianak,” kata Manager K3L & KAM PT PLN (Persero) UIP KLB, Elga Bagus Sulaksmonomor.

Pada kesempatan lain, General Manager PLN UIP KLB Muhammad Dahlan Djamaluddin menyatakan begitujuga pentingnya budaya safety dimiliki oleh setiap individu.

“Penting bagi kita semua untuk memiliki prinsip keselamatan. Kita harus dapat memastikan pada diri sendiri ketika kita keluar serta pulang ke rumah itu dengan selamat. Kita harus Lebih peduli serta memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri. Mudah-mudahan edukasi ini dapat menambah wawasan bagi kita semua dalam berkendara di jalan raya serta dalam memanfaatkan atau menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

“Saya juga berterima kasih kepada seluruh pihak baik itu Satlantas Polresta Pontianak maupun SMK Negeri 3 Pontianak dalam mensukseskan acara ini,” tutup Dahlan. (hen)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *