Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

475 Pemda Sudah Terapkan QRIS, Bisa Buat Bayar Pajak Hingga Parkir

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sudah dapat digunakan di 475 pemerintah daerah (pemda) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Jadi QRIS sekarang ini 475 pemda baik provinsi maupun kabupaten/kota dari 542 pemda sudah menggunakan QRIS jadi kurang lebih 88 persen. Ini yang menggunakan QRIS tetapi bukan berarti pemda yang belum menggunakan QRIS belum di-elektronifikasi karena elektronifikasi ini macam-macam ada yang QRIS, ATM, rekeningnya ke bank, itu macam-macam,” ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam Konferensi Pers KSSK, dikutip, Rabu 31 Januari 2024.

banner 325x300
Baca juga: Tumbuh 130 Persen, Nilai Transaksi QRIS 2023 Tembus Rp229,96 Triliun

Perry pun menyebutkan bahwa layanan QRIS ini memudahkan wajib pajak untuk membayar berseperti macam pajak seperti pajak bumi serta bangunan (PBB) hingga parkir.

“Dipakainya untuk apa? QRIS digunakan untuk transaksi penerimaan pajak daerah, parkir, PBB, pajak dari daerah, sekarang wajib pajak ini dapat bayar melalui QRIS  baik melalui online transfer serta lain-lain,” jelasnya.

Baca juga: Nasabah Bank Mega Kini Bisa Transaksi QRIS Antarnegara, Ini Daftar Negaranya

Selain itu, QRIS juga dapat digunakan untuk retrbundasi serta juga untuk belanja pemerintah daerah. Di mana QRIS di pemda integrasikan ke kartu kredit segmen pemerintah.

“Jadi pemerintah daerah juga sudah menggunakan kartu kredit segmen pemerintah, yang tentu saja kami bebaskan biayanya bersama industri,” pungkas Perry. (*)

Editor: Galih Pratama

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *