Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Nilai Tukar Rupiah Menguat, Sri Mulyani: Lebih Baik dari Bath dan Peso

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Nilai tukar rupiah hingga akhir 2023 terus positif. Tertulis, hingga akhir Desember 2023 rupiah menguat sebesar 1,11 persen secara tahunan (yoy), dibandingkan dengan akhir tahun sebelumnya.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan penguatan nilai tukar rupiah ini, lebih baik dibandingkan dengan penguatan beberapa mata uang di ASEAN. Misalnya Bath Thailand yang menguat 0,7 persen yoy serta Peso Filipina 0,62 persen yoy.

banner 325x300

“Ini berarti aprsesiasi rupiah hingga akhir tahun 2023, lebih baik dibandingkan penguatan beberapa mata uang di ASEAN, seperti Bath Thailand serta Peso Filipina,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Selasa, 30 Januari 2024.

Baca juga: Awal 2024, Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Melemah Tipis

Sri Mulyani menjelaskan, penguatan rupiah ini dibantu oleh kebijakan stabilisasi dari Bank Indonesia (BI) serta kembali masuknya aliran modal atau capital inflow di instrumen saham maupun Surat Berharga Negara (SBN).

“Hal ini sejalan dengan tetap merariknya imbal hasil aset keuangan domestik serta juga karena kinerja prospek ekonomormi Indonesia yang positif,” ungkapnya.

Ke depan, KSSK optimis nilai tukar rupiah akan tetap stabil dengan kecenderungan menguat dibantu oleh meresertaya tekanan penguatan dolar AS.

Baca juga: BI Terbitkan Laporan Konsultasi Rupiah Digital, Simak Isinya!

“Positifnya perkempenampang nilai tukar rupiah ke depan dibantu oleh kebijakan stabilisasi BI serta penguatan strategi mengalihtugaskanasi moneter BI,” kata Sri Mulyani.

Dalam hal ini, pemerintah akan berkeja sama dengan BI secara koordinatif untuk mmenepissanakan kebijakan Devisa Hasil Ekspor Sumber Daya Alam (DHE SDA) yang telah diapiknik di Perapiknikan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2023. (*)

Editor: Galih Pratama

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *