Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Daftar Daerah yang Telah Memberikan Insentif Pajak Hiburan Menurut Mendagri

Hosting Murah
banner 468x60

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pemerintah daerah (pemda) telah berkoordinasi untuk memberikan insentif terkait kenaikan pajak untuk layanan hiburan seperti diskotek, karaoke, kelab malam, bar, dan spa naik menjadi 40-75 persen. Tito menyebut bahwa Bali sudah menurunkan tarif Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) di bawah 40 persen. Koordinasi dilakukan dengan Gubernur Bali dan Bupati/Walikota se-Bali, di mana para pengusaha tempat hiburan diundang untuk rapat dan menggunakan pasal 101 untuk memberikan insentif di bawah 40 persen.

Pasal 101 UU HKPD memberikan kewenangan kepada kepala daerah untuk memberikan insentif fiskal berupa pengurangan pokok pajak daerah. Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 900.1.13.1/403/SJ tanggal 19 Januari 2024 kepada Gubernur Daerah DKI Jakarta dan Bupati/Walikota untuk mengklarifikasi hal ini. Beberapa daerah lain seperti Sumatra Barat dan Jawa Barat juga memberikan insentif pajak kepada pengusaha jasa hiburan, dengan tarif yang semula 74 persen menjadi 40-50 persen.

banner 325x300

Tito mendorong daerah lain untuk menggunakan kewenangan diskresi yang diberikan oleh UU untuk mendukung lapangan pekerjaan dan mengatasi kesulitan yang dihadapi pengusaha pasca pandemi Covid-19. Di DKI Jakarta, pemda akan mengumpulkan pengusaha untuk membahas kisaran tarif yang dapat disepakati. Meskipun tetap berdasarkan Undang-Undang, tarif pajak dapat diturunkan dengan kebijakan dari pemda.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *