Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

KAI Logistik Berencana Mengangkut 59 Ribu Ton Barang Melalui KALOG Express

KAI Logistik Incar Angkutan Barang 59 Ribu Ton Via KALOG Express
Hosting Murah
banner 468x60

Layanan kurir telah menjadi salah satu bagian penting dari KAI Logistik melalui KALOG Express. KALOG Express berfokus pada layanan logistik dalam skala kecil dan memainkan peran yang signifikan dalam mendistribusikan barang retail, termasuk industri kecil dan menengah di Indonesia.

Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah, menjelaskan bahwa selama tahun 2023, KALOG Express telah melayani lebih dari 53 ribu ton angkutan barang, meningkat 15% dibandingkan dengan kinerja tahun 2022 yang sebesar 46 ribu ton. Peningkatan ini menunjukkan bahwa KALOG Express semakin dipercaya oleh masyarakat dan menjadi pilihan utama dalam layanan logistik.

banner 325x300

Ahmad Malik mengatakan, “Pencapaian ini didukung oleh perbaikan dalam operasional dan digitalisasi layanan.”

Selain melayani pengiriman paket, KALOG Express juga unggul dalam melayani jenis barang seperti hewan peliharaan, tanaman, barang elektronik, sepeda motor, dan frozen food.

“Tahun 2023, kami memperkuat layanan logistik berpendingin melalui penyediaan fasilitas cold storage, yaitu kontainer berpendingin sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum barang dikirimkan melalui kereta api. Pada tahun 2023, fasilitas cold storage akan tersedia di 6 kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Banyuwangi dengan kapasitas penyimpanan 5 ton,” jelas Malik.

Pada tahun 2024, KALOG Express menargetkan angkutan sekitar 59 ribu ton, termasuk segmen UMKM yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Sejak tahun 2021, KAI Logistik telah berkomitmen untuk mendukung segmen UMKM dengan memberikan diskon sebesar 30%.

Komitmennya dalam mendukung UMKM juga diperkuat melalui kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Garut, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan RI serta Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Target kinerja volume tersebut optimis dapat dicapai dengan dukungan langkah strategis pada tahun 2024, termasuk penguatan jaringan distribusi di Kalimantan dan Sulawesi.

Selain itu, KAI Logistik juga akan memperkuat kemitraan dan keagenan dengan memperluas jumlah titik layanan dari 172 di tahun 2023 menjadi lebih dari 200 di tahun 2024. Mereka juga akan memperluas cakupan layanan aplikasi mobile KAI Logistik Trax di lebih dari 60 kota/kabupaten, termasuk kota-kota besar, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal kemudahan dan kenyamanan layanan.

“Pintu kolaborasi dengan berbagai pihak juga menjadi fokus pengembangan pada tahun 2024 untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan, serta menjadi refleksi komitmen perusahaan yang mengutamakan kepuasan pelanggan,” tutup Malik. (*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *