Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Pemerintah Memilih 12 Negara Baru sebagai Tujuan Ekspor, Meliputi Amerika Latin hingga Timur Tengah

Hosting Murah
banner 468x60

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, mengungkapkan bahwa pihaknya sedang memetakan negara tujuan ekspor baru bagi Indonesia. Hal ini disebabkan oleh pesimisme terhadap pertumbuhan perdagangan di lima mitra dagang utama RI tahun ini, yaitu China, Jepang, Singapura, Amerika Serikat (AS), dan India. Pertumbuhan ekonomi global dan negara-negara tersebut diprediksi akan mengalami perlambatan dan berdampak pada perdagangan di Indonesia.

Susiwijono menyatakan bahwa mereka telah mencari pasar non tradisional sebagai alternatif, dan tim nasional telah mengajukan 12 negara tambahan sebagai tujuan ekspor. Meskipun neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus selama 44 bulan berturut-turut sejak Mei 2020 hingga Desember 2023, pemerintah tetap waspada. Permintaan ekspor bergantung pada permintaan di pasar global, sehingga penting untuk memetakan negara tujuan ekspor.

banner 325x300

Susiwijono mengungkapkan bahwa pihaknya sedang membidik kawasan Amerika Latin, Afrika, Timur Tengah, dan Asia Selatan sebagai tujuan ekspor baru. Mereka juga akan menjajaki kerja sama perdagangan dengan lembaga internasional seperti The Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CPTPP), Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Surplus neraca perdagangan barang Indonesia sepanjang 2023 mencapai USD36,93 miliar, menurun 33,46 persen dibandingkan dengan surplus USD17,52 miliar pada tahun 2022. Penurunan surplus ini disebabkan oleh penurunan kinerja ekspor dan impor. Total nilai ekspor sepanjang Januari-Desember 2023 adalah USD258,82 miliar, turun 11,33 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Nilai impor sepanjang Januari-Desember 2023 adalah USD221,89 miliar, turun 6,55 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Artikel ini diedit oleh Galih Pratama.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *