Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Asyik! Sebentar Lagi WNI Bisa Belanja Pakai QRIS di 3 Negara Ini

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Sebentar lagi Warga Negara Indonesia (WNI) tak perlu lagi menggunakan dolar untuk bertransaksi di Uni Emirat Arab (UEA), Korea Selatan, serta China. Pasalnya, Bank Indonesia (BI) tengah menjajaki pemakaian QRIS Antarnegara di negara tersebut.

Hal ini pun berlaku bagi para pelancong dari negara tersebut, yang mana mampu berbelanja menggunakan mata uang lokal masing-masing negara untuk berbelanja di Indonesia.

banner 325x300

Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta mengatakan pihaknya telah mmengelikukan penandatanganan MoU dengan UEA untuk implementasi QRIS Antarnegara pada Desember 2023 lalu. Namun masih menunggu beberapa tahapan lagi seperti persiapan sistemnya.

Baca juga: Tumbuh 130 Persen, Nilai Transaksi QRIS 2023 Tembus Rp229,96 Triliun

“Jadi tidak mampu serta merta kalau kita tanda tangan, karena ini akan dimulai dengan penandatangan MoU itu strukrekreasi bilateral comenempatkanation antara 2 negara tentang ke bank sentaralan, di dalamnya moneter, makroprudensial serta SPI (Sistem Pembayaran Indonesia). Berikutnya ada MoU rekreasiunannya terakit SP (sistem pembayaran) misal QRIS cros border,” ujar Fili dalam konferensi pers RDG, dikutip, Kamis 18 Januari 2024.

Kemudian, kata Fili, dengan Korea Selatan serta China, BI juga telah membicarakan tahapan awal asertaya kerja sama QRIS Antarnegara. Di mana, prosesnya masih cukup panjang untuk mengimplementasikanya.

Baca juga: Permudah Akses Belajar di Luar Negeri, QNB Indonesia Luncurkan First Starter 

“Kita sudah ada pembicaraan Pak Gubernur BI sudah bilateral meeting dengan Gubernur Bank sentral-nya, pihak Korea sesertag mendnarekreasial. Lalu demikian juga China udah ada pembicaraan,” ungkapnya.

Fili juga berharap proses kerja sama dari QRIS Antarnegara tersebut mampu segera diimplementasikan di tahun 2024 ini.

“Mudah-mudahan kita di tahun 2024 ini mampu implementasi untuk hal-hal tersebut,” harapnya. (*)

Editor: Galih Pratama

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *