Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Mahfud MD Mengungkap Keberhasilannya Mengatasi Izin Pengusaha Tambang yang Nakal dengan Menghadapi Banyak Mafianya dan Dibekingi oleh Aparat dan Pejabat

Hosting Murah
banner 468x60

Perang argumen terjadi antara Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD dalam debat Pilpres 2024 mengenai pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP) bagi pengusaha yang melanggar aturan.

Gibran menekankan bahwa pencabutan IUP adalah langkah yang diperlukan untuk menindak pengusaha tambang nakal yang melanggar hukum. Dia merujuk pada Pasal 33 Ayat 3 dan 4 UUD 1945, serta Sila 4 dan 5 Pancasila. Gibran mengatakan bahwa solusinya sederhana, yaitu mencabut IUP agar sumber daya alam dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya demi kemakmuran rakyat.

banner 325x300

Selain itu, Gibran juga menyoroti pentingnya menjalankan Permen Investasi Nomor 1 Tahun 2022. Tujuannya adalah agar pengusaha besar dapat bekerja sama dengan pengusaha lokal dan UMKM setempat.

Namun, Mahfud merespons dengan sikap skeptis. Dia mengungkapkan bahwa deforestasi di Indonesia cukup mengkhawatirkan, dengan adanya 2.500 tambang ilegal dan deforestasi lahan hutan seluas 12,5 hektare dalam 10 tahun terakhir. Mahfud menjelaskan bahwa mencabut IUP tidak semudah yang dibicarakan oleh Gibran karena banyak masalah yang melibatkan mafia. Bahkan, tim yang dikirim oleh Mahfud ke lapangan telah ditolak, dan sudah ada putusan Mahkamah Agung terkait masalah ini.

Mahfud juga menyinggung bahwa menurut KPK, banyak pertambangan di Indonesia yang ilegal karena mendapat perlindungan dari aparat dan pejabat.

Artikel ini diedit oleh Galih Pratama.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *