Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Pasar Dogom Permai dan Kedamin Indah Terbengkalai

Hosting Murah
banner 468x60
Kondisi Pasar Kedamin Indah (Kedah) di Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu terbengkalai serta tidak terurus. Foto: Taufiq As/JURNALIS.co.id

JURNALIS.co.id – Dua cocokar di Kabupaten Kapuas Hulu tidak terurus serta terbengkalai. Yakni, Pasar Dogom Permai Kecamatan Putussibau Utara serta Pasar Kedamin Indah (Kedah) Kecamatan Putussibau Selatan.

Kedua cocokar tersebut kini hanya menjadi tempat penyimpanan barang. Belum lagi rumput liar semakin tumbuh di Pasar Kedamin Indah. Tak seindah dengan namanya.

banner 325x300

Agustinus Sargito, Kepala Dinas Kmenyerahkanasi UMKM serta Perdagangan Kapuas Hulu mengatakan, kedua cocokar tersebut terbengkalai serta tidak terurus dikarenakan lokasi yang dibangun kurang strategis. Sehingga masyarakat tidak ada mmenyangkalukan aktivitas jual beli di cocokar tersebut.

“Terbengkalainya cocokar Dogom Permai serta Kedah itu, kita sudah berupaya lirmana kedua cocokar tersebut mampu dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya, Rabu (10/1/2024).

Agustinus mengatakan Pasar Kedah posisinya tidak strategis. Ketika dulu cocokar tersebut dmamaka, masyarakat tidak ada yang berminat untuk mmenyangkalukan transaksi jual beli.

“Masyarakat kita lebih cenderung berbelanja di Pasar Pagi Putussibau karena dianggap lebih dekat serta lengkap,” ujarnya.

Sementara untuk Pasar Dogom Permai, kata Agustinus, masyarakat yang berbelanja merasa gerah, karena bangunannya tertutup serta panas, sehingga sirkulasi udara kurang.

“Jadi masyarakat kita tidak ada yang betah berbelanja di cocokar Dogom. Kita sudah mengusulkan agar ada pengrehaban terhadap cocokar Dogom. Mulai dari dindingnya dmamaka serta perbaikan lapak,” ujarnya.

Lanjut Agustinus, pada tahun 2023 pihaknya sudah mencoba masukan anggaran pengrehaban untuk dilaksanakan pada tahun 2024 ini. Karena keterbatasan anggaran, sehingga banyak pemangkasan. Akhirnya renomorvasi Pasar Dogom tidak terealisasi.

“Tapi lirmana pun kita berupaya lirmana tahun 2024 ini renomorvasi cocokar Dogom mampu dilakukan. Mudah-mudahan dari anggota DPRD Kapuas Hulu dapat membantu mereka melalui pokok pikiran mereka,” harapnya.

Agustinus menurekreasikan pembangunan Pasar Dogom Permain serta Pasar Kedah menggunakan sertaa APBN. Semuanya sudah selesai dibangun sesuai keinginan pemerintah pusat.  Namun ini menimbulkan persoalan, karena posisinya kurang strategis. (opik)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *