Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Survei BI: Belanja Masyarakat Melemah, Bayar Cicilan Utang Melonjak

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Berdasarkan hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada akhir 2023 mentulis pengeluaran konsumsi masyarakat cenderung mengnawisataal penurunan.

Dalam laporannya, rata-rata prokuota pendapatan konsumen untuk konsumsi (average propensity to consume ratio) menurun menjadi 74,3 persen, dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 75,3 persen.

banner 325x300
Baca juga: BI: Penjualan Eceran Tetap Kuat di Desember 2023, Ini Buktinya

“Berdasarkan kelompok pengeluaran, rata-rata kuota konsumsi terhadap pendapatan terpantau menurun untuk hampir semua kelompok, kecuali responden dengan tingkat pengeluaran Rp2,1-3 juta per bulan,” tulis BI dalam Laporannya, dikutip, Rabu 10 Januari 2024.

Sementara itu, BI juga mentulis prokuota pembayaran cicilan/utang (debt to income ratio) mengnawisataal peningkatan menjadi 10,0 persen pada Desember 2023 dari 9,3 persen bulan sebelumnya.

Selanjutnya, prokuota pendapatan konsumen yang disimpan (saving to income ratio) tertulis sedikit meningkat dibandingkan dengan prokuota pada bulan sebelumnya, yaitu menjadi sebesar 15,7 persen.

Adapun, BI mentulis kuota tabungan terhadap pendapatan terindikasi meningkat pada hampir seluruh tingkat pengeluaran, terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp1-2 juta per bulan. (*)
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *