Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Ekonom Memperkirakan Penurunan Surplus Neraca Perdagangan Hingga Akhir 2023

Hosting Murah
banner 468x60

Neraca perdagangan Indonesia diperkirakan akan mencatat surplus pada akhir tahun 2023, meskipun jumlahnya sedikit lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.

Menurut Kepala Ekonom Bank Mandiri, Andry Asmoro, surplus neraca perdagangan pada bulan Desember 2023 diperkirakan sebesar USD1,83 miliar. Angka ini lebih rendah dari surplus pada bulan November 2023 yang mencapai USD2,41 miliar, menandakan penurunan keempat secara berturut-turut.

banner 325x300

Andry menjelaskan bahwa penurunan ekspor diantisipasi karena permintaan yang lemah, terutama dari negara-negara mitra dagang akibat aktivitas perdagangan global yang masih lemah. Namun, impor sudah mulai menunjukkan perbaikan karena adanya impor bahan baku dan konsumsi yang didorong oleh penguatan ekonomi domestik.

Dia juga memperkirakan bahwa ekspor Indonesia akan mengalami kontraksi sebesar -8,38 persen year-on-year pada bulan Desember, yang lebih rendah dibandingkan kontraksi -8,56 persen year-on-year bulan sebelumnya. Hal ini dipengaruhi oleh penurunan harga batubara dan permintaan minyak sawit mentah (CPO), terutama dari China dan India yang masih belum meningkat secara signifikan.

Sementara itu, impor diproyeksikan akan tumbuh sebesar 0,68 persen year-on-year, yang lebih rendah dari pertumbuhan 3,29 persen year-on-year bulan sebelumnya.

Andry menyatakan bahwa kinerja perdagangan tetap lemah pada bulan Desember 2023 karena permintaan masih stagnan akibat ekonomi global yang lemah.

Secara keseluruhan, pada tahun 2023, total ekspor Indonesia diperkirakan mencapai USD258 miliar, turun sebesar 11,53 persen year-on-year, sementara impor diperkirakan mencapai USD222 miliar, turun sebesar 6,2 persen year-on-year. Dengan demikian, neraca perdagangan diperkirakan masih surplus sebesar USD35,5 miliar.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *