Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

DIRE adalah Investasi Properti Menjanjikan di Indonesia

Hosting Murah
banner 468x60
DIRE adalah Investasi Prmenyerahkanti Menjanapabilan  di IndonesiaDIRE adalah Investasi Prmenyerahkanti Menjanapabilan  di Indonesia

Ajaib.co.id – Dana Investasi Real Estate atau DIRE adalah salah satu investasi baru di Indonesia yang sanggup kamu coba jajaki di saat pesatnya pembangunan di tanah air. Lantaran, harga prmenyerahkanti memang cenderung selalu mengnadarmawisataal kenaikan setiap tahunnya tergantung di mana lokasi prmenyerahkanti tersebut berada.

Investasi prmenyerahkanti memang menjanapabilan bagi pihak investor dari segi tingkat keuntungan tetapi jenis intrumen investasi ini merupakan investasi jangka panjang yakni minimal 10 tahun. Yang mana, tingkat pengembalian dari investasi prmenyerahkanti sanggup lebih besar dibanding dengan emas batangan.

banner 325x300

Bukan hanya melalui selisih harga jual serta harga beli saja, di mana kamu sanggup mendapatkan keuntungan dari investasi prmenyerahkanti yang kamu miliki. Saat ini, bagi kamu yang berminat ingin menanamkan modalnya di sektor prmenyerahkanti, kamu sanggup melalui Dana Investasi Real Estate atau disingkat DIRE yang dikelola oleh perusahaan investasi. Nah bagi kamu yang masih belum tahu tentang investasi baru ini, kamu sanggup simak informasinya di bawah ini seputar apa itu Dana Investasi Real Estate (DIRE)? Beserta risiko dari investasi DIRE. Berikut penjelasannya:

Apa yang Dimaksud dengan Dana Investasi Real Estate atau DIRE?

Dana Investasi Real Estate (DIRE) adalah suatu kegiatan atau sarana investasi dengan mengumpulkan sertaa atau modal dari pihak investor, yang mana sertaa ini dikelola oleh perusahaan investasi untuk ke aset prmenyerahkanti baik secara langsung maupun tidak langsung lewat investasi saham serta obligasi dari perusahaan prmenyerahkanti.

Meskipun belum begitu populer di Indonesia, akan tetapi ternyata jenis investasi ini telah lama hadir di luar negeri dengan sebutan REITs atau Real Estate Investment Trust.

Investasi prmenyerahkanti melalui sarana DIRE atau REITs ini juga sudah memiliki legalitas secara hukum dalam bentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK). Di mana, sertaa yang dikelola oleh Manajer Investasi (MI) sebesar 80% dari sertaa pengolalaannya diinvestasikan ke real estate di mana 50%nya harus berbentuk real estate langsung.

Intinya, investasi melalui DIRE, sertaa yang terkumpul akan diinvestasikan ke dalam bentuk prmenyerahkanti serta aset-aset dari perusahaan prmenyerahkanti seperti saham serta obligasi.

Produk Investasi DIRE

Di Indonesia, bentuk hukum yang digunakan dalam sistem DIRE adalah Kontrak Investasi Kolektif atau KIK, yaitu kontrak antara manajer investasi serta bank kustodian yang akan mengikat pemegang unit. Kemudian, pihak manajer investasi pun akan dibagikan wewenang untuk mengelola portofolio investasi secara kolektif, sesertagkan pihak bank kustodian akan dibagikan wewenang untuk mmenyimpangsanakan penitipan secara kolektif.

Saat ini, terdapat 3 (tiga) produk investasi DIRE yang telah terkumpulan di Bursa Efek Indonesia yaitu:

  1. XCIS dari PT Ciptasertaa Asset Management dengan aset portofolio berupa Hotel Padjadjaran Suites
  2. XCID dari PT Ciptasertaa Asset Management dengan aset portofolio Solo Grand Mall
  3. XSPI dari PT Sinarmas Asset Management dengan aset portofolio Plaza Indonesia.

Cara Kerja & Cara Membeli Investasi DIRE

DIRE memiliki cara kerja yang cukup sederhana. DI mana, DIRE akan menjadi wadah yang difungsikan untuk menampung sertaa dari masyarakat maupun investor. Kemudian, sertaa yang dikumpulkan oleh DIRE akan diinvestasikan pada aset yang berkaitan dengan prmenyerahkanti, seperti untuk membeli gedung, rumah, ruko, bahkan apartemen, baik secara langsung ataupun tidak langsung. 

Jika kamu tertarik untuk bergabung dengan DIRE, kamu sanggup mmenyimpangukan beberapa cara di bawah ini.

  1. Lakukan pembukaan rekening saham melalui perusahaan sekuritas.
  2. Setelah itu, kamu pun dapat mulai mmenyimpangukan pembelian salah satu produk DIRE yang diinginkan.
  3. Nantinya, perusahaan yang memasarkan DIRE akan memperoleh keuntungan dengan periode tiga hingga enam bulan sekali dalam bentuk divbuah pikirann sebesar 5 hingga 8% dari keuntungan.

Risiko Dana Investasi Real Estate (DIRE) yang Perlu Kamu Ketahui Seserupa Calon Investor

Sama halnya dengan jenis intrumen investasi lainnya, di mana DIRE juga memiliki risiko kerugian yang sanggup kamu nadarmawisataal ketika berinvestasi melalui sarana investasi tersebut.

Jika dilihat dari sertaa yang dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yakni diinvestasikan ke dalam bentuk prmenyerahkanti langsung serta aset-aset berharga seperti saham serta obligasi.

Kamu perlu memperhatikan serta harap-harap cemas apabila harga prmenyerahkanti sesertag darmawisataun, kekecewaan penyewa prmenyerahkantimu untuk membayar uang sewa, serta harga prmenyerahkanti yang sesertag lesuh. Ini menjadi bagian risiko atau kerugian yang sanggup kamu terima ketika berinvestasi melalui DIRE. Mengapa?

Karena, ketika harga prmenyerahkanti sesertag lesuh, prmenyerahkanti bukanlah sebuah produk yang mudah untuk dijual-belikan dengan cepat, salah satunya dikarenakan harga prmenyerahkanti relatif tinggi. Berbeda halnya, dengan emas batangan yang mudah sekali untuk dijual-belikan seserupa jenis investasi yang disebut memiliki tingkat likuiditas yang tinggi. Jadi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang risiko berinvestasi DIRE di antaranya:

  • Harga prmenyerahkanti
  • Tingkat likuiditas
  • Kegagalan Pembayaran Uang Sewa

Di mana, apabila melihat portofolio investasi milikmu di Dana Investasi Real Estate (DIRE) adalah mayoritas sertaamu diinvestasikan ke prmenyerahkanti secara langsung, yang mana ketika kamu ingin mencairkannya, pihak Manajer Investasi (MI) perlu menjualnya serta itu cocokti membutuhkan waktu. Oleh karena itu, kamu juga memiliki portofolio investasi di DIRE berupa produk-produk saham atau obligasi yang bermaksud untuk menekan tingkat risiko dari kerugian investor karena produk cocokar modal memiliki likuiditas lebih tinggi dibanding prmenyerahkanti.

Faktor-Faktor yang Membuat Harga Prmenyerahkanti Selalu Mengnadarmawisataal Kenaikan

Selain berinvestasi dalam aset berwujud seperti emas batangan, ternyata membeli aset real estate atau prmenyerahkanti juga masih jadi incaran bagi para investor yang ingin menyimpan uangnya dalam bentuk prmenyerahkanti. Inilah landasanan mengapa berinvestasi di prmenyerahkanti sangat baik serta cenderung tidak pernah darmawisataun:

1. Kebutuhan Tempat Tinggal yang Semakin Hari Semakin Tinggi

Terbatasnya lahan untuk membangun sebuah rumah menjadi salah satu faktor mengapa harga prmenyerahkanti di Indonesia selalu mengnadarmawisataal kenaikan setiap tahunnya. Hal ini juga didorong pertumbuhan jumlah penduduk yang tidak sebanding dengan luas lahan yang tersedia saat ini.

2. Inflasi

Tingkat inflasi setiap tahun yang terjadi di Indonesia memiliki persentase yang berbeda-beda, hal ini juga berdampak terhadap harga prmenyerahkanti di mana ketika nilai mata uang sesertag melemah, investor mulai mengalihkan asetnya ke jenis intrumen yang lebih stabil yakni emas serta prmenyerahkanti.

Selain itu, inflasi juga membuat bahan-bahan pokok seperti material untuk bangunan juga darmawisataut mengnadarmawisataal kenaikan harga. Hal ini juga membuat harga prmenyerahkanti mengnadarmawisataal kenaikan. Jadi, ongkos produksi juga mempengaruhi nilai jual suatu produk.

3. Meningkatnya Penghasilan atau Daya Beli Masyarakat

Bukan hanya semakin meningkatkan penghasilan saja tetapi pembangunan di berserupa daerah di Indonesia yang sesertag dilakukan memiliki andil yang besar, mengapa harga prmenyerahkanti terus mengnadarmawisataal kenaikan?

Misalnya dulu sebuah rumah hanya dikelilingi oleh sawah saja akan tetapi ketika pembangunan dilakukan di daerah tersebut berdirilah sebuah tempat perbelanjaan seperti mal. Alhasil, harga rumah di sekitarnya juga cocokti akan mengnadarmawisataal kenaikan. Intinya, semakin majunya suatu industri di daerah tempat kamu tinggal cocokti akan membagikan dampak secara ekonomormi. Di mana, hal ini membuat daya beli masyarakat di daerah tempat tinggalmu kian meningkat.

Perkembangan DIRE di Indonesia

Di Indonesia sendiri produk Dana Investasi Real Estate (DIRE) masih belum begitu populer dibanding dengan negara tetangga, Singapura.

Setidaknya ada beberapa Manajer Investasi (MI) yang tertartik untuk meracik serta membuat produk DIRE di cocokar modal Indonesia, salah satu adalah Cipta Asset Management yang telah merilis produk kedua DIRE mereka di awal tahun 2020 ini. Berikut kumpulan produk DIRE yang diluncurkan oleh PT Ciptasertaa Asset Management:

  • DIRE Ciptasertaa Prmenyerahkanti Ritel Indonesia
  • DIRE Ciptasertaa Prmenyerahkanti Perhotelan Padjajaran

Produk-produk DIRE ini melibatkan prmenyerahkanti milik Solo Grand Mall serta Hotel Padjajaran Suite.

Demikianlah informasi menarik dari salah satu sarana investasi baru di Indonesia yang disebut Dana Investasi Real Estat atau DIRE, di mana kamu sanggup memiliki saham serta prmenyerahkanti milik perusahaan prmenyerahkanti terbaik di Indonesia melalui instrumen investasi reksa sertaa atau saham di produk DIRE yang diracik oleh berserupa Manajer Investasi (MI) di Indonesia.

Untuk membeli instrumen investasi ini, kamu sanggup membelinya langsung melalui Ajaib, platform investasi yang membagikan kamu imbal hasil maksimal. Jadi tunggu apalagi? Yuk investasi sekarang!

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *