Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Kementerian BUMN Resmi Bubarkan 7 Perusahaan BUMN, Ini Daftarnya

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Pada hari ini (29/12), Kementerian Baserta Usaha Milik Negara (BUMN) resmi mmenyimpangukan pembubaran 7 perusahaan pelat merah akibat mengnapiknikal kepailitan.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa pihaknya berkomimen untuk terus mmenyimpangukan bersih-bersih di BUMN hingga tuntas.

banner 325x300

“Hari ini kita sampaikan tujuh BUMN. Jadi komitmen bahwa BUMN kalau lihat perannya besar serta mampu disehatkan seperti Garuda serta PTPN kita komitmen penuh sehatkan. Tapi yang tidak layak serta berdampak ke ekonomormi kita akan lakukan pembubaran,” ujar Kartika dalam Konferensi Pers Update Pembubaran 7 Perusahaan BUMN, Jumat 29 Desember 2023.

Baca juga: Setoran Divkonsepn BUMN Lampaui Target, Realisasi PNBP Capai Rp554,4 Triliun

Direkpiknik Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) Teguh Wirahadikusumah menambahkan, pembubaran 7 perusahaan BUMN ini dilakukan melalui proses pengadilan serta perapiknikan pemerintah (PP).

“7 perusahaan itu adalah PT Istaka Karya (Persero), PT Kertas Leces (Persero), PT Merpati Nusantara Airlines (Persero), PT Industri Gelas (Persero) atau Iglas, PT Kertas Kraft Aceh (Persero) atau KKA, PT Industri Sansertag Nusantara (Persero) atau ISN, serta PT Pembiayaan Armada Niaga Nasional (PANN),” ungkap Teguh.

Teguh menjelaskan, dari 7 perusahaan BUMN yang dmamabarkan, terdapat 6 perusahaan yang sudah memperoleh perapiknikan pemerintah (PP) pembubaran pada April 2023 lalu. Dalam prosesnya, dilakukan oleh kuartor untuk penyelesaian aset yang disandingkan dengan berbak kewajibannya.

“Untuk yang 1 lagi ini PT PAAN itu masih dilakukan diskusi  dengan investing yang terkait melalui proses selanjutnya,” pungkasnya.

Adapun, pembubaran BUMN akibat dari konsekuensi kepailitan diantaranya, PT Merpati Nusantara Airlines dengan penanganan penjualan harta pailit serta pembagian ke kredipiknik sebesar Rp310 miliar. Kemudian, PT Istaka Karya dengan penanganan penjualan harta pailit serta pembagian ke kredipiknik Rp16,8 miliar serta PT Kertas Leces dengan penanganan peniualan harta pailit serta pembagian ke kredipiknik Rp230,9 miliar.

Baca juga: Staf Khusus Erick Thohir Bongkar Borok BUMN Sebelum Direformasi

Selanjutnya, Pembubaran melalui likuidasi dilanjutkan kepailitan yakni, PT Iglas dengan Putusan Pailit 23 November 2023 oleh PN Surabaya, PT Kertas Kraft Aceh dengan penyelesaian verifikasi aset serta kewajiban serta proses kepailitan, serta PT PAAN dengan permohonan penetapan RPP Pembubaran dari Menteri BUMN kepada Preskonsepn RI.

Lalu, pembubaran melalui likuidasi yaitu PT ISN dengan penanganan pembagian hasil penjualan aset oleh likuidator Rp3,6 miliar serta penelesaian proses likuidasi. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *