Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Kekhawatiran Muncul! Rencana Indonesia untuk Meraih Emas 2045 Terancam Gagal Karena Hal Ini

Indonesia-Emas-2045
Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Kasus korupsi yang melibatkan pejabat Indonesia dapat menimbulkan kekhawatiran bagi para investor yang ingin berinvestasi di Indonesia. Hal ini berpotensi mempengaruhi pertumbuhan investasi Indonesia secara keseluruhan yang telah meningkat sebesar 5,77 persen (yoy), sejalan dengan pembangunan infrastruktur pemerintah termasuk IKN Nusantara.

Kadin Indonesia menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat dan mencapai status negara maju, yaitu Indonesia Emas 2045. Namun, hal ini akan sulit terwujud karena banyaknya kasus korupsi yang melibatkan pejabat negara, kata Pelaksana tugas harian (Plh) Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan.

banner 325x300

Yukki juga mengatakan bahwa berbagai masalah korupsi harus diselesaikan jika Indonesia ingin mencapai target pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar USD9,8 triliun dengan Gross National Income (GNI) per kapita sebesar USD30.300, serta target kontribusi sektor manufaktur sebesar 28 persen dengan tingkat penerimaan tenaga kerja sebesar 25,2 persen.

Untuk mencapai berbagai target tersebut pada tahun 2045, Indonesia memerlukan FDI dari selisih tabungan dan investasi yang besar, yang tidak dapat dipenuhi hanya dengan mengandalkan tabungan dalam negeri. Untuk mencapai target pertumbuhan sebesar 5,2 persen pada tahun 2024, diperlukan investasi sebesar Rp6.900 triliun dari berbagai pelaku ekonomi, jelas Yukki.

Menurut peringkat Ease of Doing Business 2023, Indonesia berada pada peringkat 73 dari 190 negara. Peringkat ini sama dengan peringkat pada tahun 2018 dan Indonesia hanya berada di urutan keenam di kawasan ASEAN, kalah dari Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei, dan Vietnam.

Dalam 10 indikator penilaian, Indonesia mencapai prestasi terbaik dalam hal kemudahan akses listrik. Data ini didukung oleh tingkat elektrifikasi nasional yang telah mencapai 99,72 persen per Juni 2023. Namun, penilaian terburuk Indonesia adalah dalam hal kemudahan memulai usaha. Kadin menilai masalah ini sebagai masalah yang serius, karena terdapat berbagai hambatan seperti tumpang tindih peraturan, ego sektoral dan regional, ketidakpastian hukum, prosedur perizinan yang panjang, birokrasi yang rumit, dan pungutan liar.

Semua hal ini membuat biaya usaha menjadi sangat mahal dan tidak efisien. Pemberian izin penggunaan lahan bahkan sering menjadi tempat korupsi, terutama di daerah-daerah yang kaya sumber daya alam dan terkait dengan pemilihan kepala daerah (pilkada), pungkasnya.

Selain itu, sepanjang tahun 2023, tiga anak buah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlibat dalam kasus korupsi. Mereka adalah mantan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkoinfo) Johnny G Plate, mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), dan mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej. Selain itu, ada juga ratusan pejabat tinggi lainnya yang terlibat dalam kasus korupsi, termasuk legislator, menteri, kepala lembaga, gubernur, bupati, wali kota, hakim konstitusi, komisioner KPU, KPPU, dan KY, serta pejabat swasta dan birokrat.

Semua ini menunjukkan bahwa kasus korupsi yang melibatkan pejabat Indonesia dapat menjadi hambatan serius bagi investasi di Indonesia. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan mencapai target-target pada tahun 2045, Indonesia perlu mengatasi masalah korupsi ini.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *