Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Peningkatan Kepercayaan Investor Terhadap Pertamina dengan Akuisisi 34 Proper Emas

Pertamina Masuk Fortune Global 500, DPR Dorong BUMN Lain Bersaing di Pasar Global
Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Keberhasilan Pertamina memenangkan 34 PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan memiliki dampak positif pada bisnis Pertamina. Prestasi ini akan meningkatkan kepercayaan terhadap perusahaan energi BUMN ini, terutama dari investor internasional.

“Dengan penghargaan lingkungan yang baik, ini tentu akan mendatangkan kepercayaan dari dunia internasional, termasuk investor,” kata Direktur Eksekutif Institute for Development of Economic and Finance (Indef), Tauhid Ahmad pada tanggal 29 Desember 2023.

banner 325x300

Menurut Tauhid, banyaknya penghargaan PROPER Emas yang diterima Pertamina akan memberikan manfaat ekonomi bagi perusahaan. Terlebih lagi, sebelumnya Pertamina juga berhasil mendapatkan peringkat pertama dunia dalam Environmental, Social and Governance (ESG) untuk kategori perusahaan migas.

Dalam hal ini, para investor internasional akan semakin tertarik untuk menginvestasikan dana mereka pada Pertamina. Hal ini dikarenakan para investor sangat peduli dengan isu lingkungan. Oleh karena itu, mereka akan mencari perusahaan yang dianggap peduli terhadap lingkungan dalam melakukan investasi.

“Sama halnya dengan sebaliknya. Investor bisa menghindari suatu perusahaan, meskipun secara finansial menguntungkan. Ini karena perusahaan tersebut dianggap tidak peduli terhadap lingkungan,” katanya.

Tidak hanya investor, lembaga pembiayaan dan bank internasional juga memiliki pandangan yang sama. Oleh karena itu, saat ini model pembiayaan hijau sudah menggantikan model pembiayaan konvensional.

Oleh karena itu, Tauhid menjelaskan bahwa banyaknya penghargaan lingkungan sangat menguntungkan bagi Pertamina. Selain itu, Pertamina juga dianggap lebih leluasa dalam mengembangkan bisnisnya. Misalnya, Pertamina akan lebih mudah bermitra dengan berbagai perusahaan, termasuk di Timur Tengah dan Eropa.

“Ya, Pertamina bisa melakukan ekspansi ke mana saja. Artinya jika mereka ingin melakukan ekspansi, itu bisa dilakukan dengan mudah di Timur Tengah,” ungkapnya. (*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *