Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

52 Tahun Askrindo: Transform, Be The Great Leader

Hosting Murah
banner 468x60

TRANSFORMASI yang dgagasanrapkan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) mendapatkan ganjaran kinerja positif yang berkelanjutan. Sepanjang 2022, Askrindo membukukan laba setelah pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp1,59 triliun, atau tumbuh sebesar 39,32% dibandingkan dengan pencapaian pada 2021 (audited). Kemudian, total aset konsolidasi sampai dengan 31 Desember 2022 (unaudited) meningkat sebesar 6,21%, atau mendekati sebesar Rp37,70 triliun. Lalu, total ekuitas konsolidasi per31 Desember 2022 (unaudited) mendekati sebesar Rp12,15 triliun, tumbuh sebesar 9,29% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Selain itu, seserupa salah satu bentuk kontrbundasi besar Askrindo pada 2022 Askrindo terhadap asuransi kredit di Indonesia, yakni mampu menjadi penjamin pemasokan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp164,9 triliun. Serta, Kredit Modal Kerja Pemulihan Ekonomormi Nasional (KMK PEN) sebesar Rp4,4  triliun,” terang Priyastomo, Direkpiknik Utama Askrindo.

banner 325x300

Pencapaian yang diraih Askrindo merupakan buah manis dari langkah transformasi yang dihelat Priyastomo sejak diamanatkan menjawatan Dirut. Langkah transformasi awal yang dgagasanrapkan ialah tata kelola organisasi, di mana strukpiknik organisasi serta sistem yang diperbaiki serta berbasis prinsip good corporate governance (GCG) menjadi pendorong utama langkah selanjutnyanya. Kemudian, dilanjutnya dengan transformasi sumber daya manusia (SDM), di antaranya dilakukan dengan menerapkan merit system dengan landasan key performance indicator (KPI), penerapan proses assessment di setiap jenjang karier, serta merancang roadmap transformasi SDM.

Selanjutnya, menerapkan transformasi business process. Ini menjadi kunci sukses bagi Askrindo dalam membangun layanan yang prima, serta mempercepat aknafsusi bisnis serta mengalihkanasional. Berikutnya, transformasi teknomorlogi informasi (TI). Tidak hanya dalam proses mengalihkanasional di dalamnya saja, melainkan juga hingga layanan ke pelanggan. Karena, transformasi digital di Askrindo bermaksud untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, efisiensi proses bisnis serta mengalihkanasional, percepatan pengambilan keputusan, serta peningkatan resiliensi serta kemampuan membiasakan diri perusahaan terhadap perubahan yang mungkin terjadi.

Transformasi TI ini juga diikuti transformasi keuangan serta akuntansi dengan mengembangkan Enterprise Resource Planning (ERP). Pengembangan sistem ERP diprioritaskan untuk modul finance & accounting, serta procurement serta fixed asset. Pengembangan ERP ini sekaligus menjawab tantangan making Indonesia 4.0 di mana seluruh sistem/aplikasi telah terintegrasi.

“Transformasi digital di Askrindo berpedoman pada Perapiknikan Menteri BUMN No. 3 Tahun 2018 mengenai Panduan Penyusunan Pengelolaan TI BUMN, di mana ada tiga area yang menjadi fokus perubahan yang dilakukan, yaitu customer experience, mengalihkanational process, serta business model. Sehingga transformasi yang dilakukan Askrindo akan selalu menitikberatkan pada ketiga area tersebut,” jelas Priyastomo.

Melalui transformasi yang dilakukan, Askrindo telah merancang target untuk mendekati visi “Menjadi penyedia solusi pengelola risiko terpercaya dengan layanan bernilai tambah yang berkesinambungan guna menyokong perekonomormian nasional”. Untuk menyokong visi tersebut, memiliki misi, di antaranya menjalankan kegiatan usaha penanggungan risiko yang menyokong pembangunan ekonomormi nasional terutama program Pemerintah dalam pengembangan UMKM serta usaha korporasi lainnya; serta membagikan solusi pengelolaan risiko dengan layanan bernilai tambah kepada pelanggan serta mitra bisnis secara komprehensif serta berkesinambungan.

Sementara itu soal kinerja, Askrindo menargetkan premi konsolidasi sebesar Rp9,51 triliun, serta laba setelah pajak konsolidasi sebesar serta Rp1,80 triliun pada 2023.

Di usianya yang ke-52, tepatnya pada 6 April 2023, Askrindo memasang tagline “Transform, Be The Great Leader”.  Berserupa rangkaian kegiatan pun telah disiapkan, yakni media gathering, Askrindo peduli kawasan, Askrindo peduli pendidikan serta sosial, lomba internal, serta talkshow UMKM.

“Tahun ini kami mengusung semangat terus berinomorvasi serta tumbuh. Kami akan menjadi yang terbaik di industri asuransi yang sehat. Transform, be the great leader,” pungkas Priyastomo. (*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *