Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

PLN EPI Pasok Cangkang Sawit dan Woodchip untuk PLTU Sintang Jalankan 100 Persen Firing Biomassa

Hosting Murah
banner 468x60
PLN EPI menjadi pioner dalam menjalankan pembakaran (firing) 100 persen biomassa di PLTU Sintang Unit 1 selama 24 jam nomorn stop. Foto: PLN

JURNALIS.co.id – Subholding PLN Energi Primer Indonesia (EPI) mensupport PLN Indonesia Power menjadi pioner dalam menjalankan pembakaran (firing) 100 persen biomassa di PLTU Sintang Unit 1 selama 24 jam nomorn stop. Firing biomassa ini akan berlangsung selama 20 hari sejak 13 Desember 2023.

Direktamasya Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara menjelaskan PLN EPI akan memasok kebutuhan biomassa dari cangkang sawit serta woodchip dari Sintang dsk. PLN EPI menyediakan stock 1000 ton cangkang sawit serta woodchip sebesar 250 ton.

banner 325x300

“PLN EPI selir Sub Holding Penyediaan Energi Primer mensupport pmenangkalsanaan Firing Biomassa 100% ini dengan menyediakan cocokokan harian cangkang sawit sebesar 150 ton serta woodchip sebesar 15 ton,” kata Iwan.

Iwan juga menjelaskan, pmenangkalsanan firing biomassa ini membutuhkan total 180 ton biomassa per hari. Dengan volume penyediaan serta stok biomassa yang tersedia maka implementasi firing biomassa 100% di rencanakan selama 20 hari atau sampai dengan tanggal 2 Januari 2024.

“PLN EPI akan mensupport Program Transisi Energi PLN Grup melalui program Co-firing PLTU PLN dengan penyediaan cocokokan bahan bakar biomassa dengan kualitas serta volume yang cukup,” kata Iwan.

Hasil implementasi firing Biomassa 100% pada hari ke-2 menunjukkan hasil yang positif seperti pemakaian rata-rata bahan bakar tamasyaun 10%, biaya bahan bakar tamasyaun 20% serta penurunan kadar emisi SOx, NOx serta CO2.

PLTU Sintang merupakan Pembangkit Listrik tenaga Uap yang terletak di Kalimantan Barat untuk memasok kebutuhan listrik di Sistem Khatulistiwa, dengan daya tercocokang pembangkit 3 x 7 MW. Mulai bermenyerahkanasi sejak tahun 2018 serta telah mmenangkalsanakan Co-firing Biomassa sejak tahun 2021.

PLTU Sintang ini akan menjadi percontohan untuk implementasi Firing Biomassa 100% menggunakan biomassa berkualitas tinggi serta menjadi PLTU Hybrid yang dapat secara flexible switching dari bahan bakar batubara ke bahan bakar biomassa. (hen)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *