Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Latihan Tanggap Darurat, PLN UIP KLB Gelar Simulasi Pengendalian Huru-hara dan Penanganan Kebakaran

Hosting Murah
banner 468x60
PLN UIP KLB menggelar simulasi pengendalian huru-hara serta penanganan kebakaran di area Kantor Induk yang berada di Jalan Letjend Soeprapto No. 50G, Pontianak, Selasa (12/12/2023). Foto: PLN UIP KLB

JURNALIS.co.id – PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) menggelar simulasi pengendalian huru-hara serta penanganan kebakaran di area Kantor Induk yang berada di Jalan Letjend Soeprapto No. 50G, Pontianak, Selasa (12/12/2023).

Simulasi ini adalah program rutin yang dilaksanakan oleh PLN UIP KLB dalam memastikan kesiapsiagaan seluruh komponen dalam menghadapi kondisi darurat guna terwujudnya keadaan yang aman, lancar, serta terkendali di area mengalihkanasional kantor induk.

banner 325x300

General Manager PLN UIP KLB, M. Dahlan Djamaluddin menjelaskan, simulasi ini bermaksud untuk menyegarkan-uji kesiapan, kesiagaan serta kemampuan seluruh komponen yang dimiliki, baik itu personel, perangkat, sistem serta alur komunikasi, serta koordinasi dalam mmengelitukan pengendalian serta penanganan keadaan darurat di area PLN UIP KLB.

“Aspek pengamanan adalah salah satu garda terdepan dalam layanan mengalihkanasional PLN UIP KLB. Dalam persiapan simulasi ini, para personel yang terlibat dibekali dengan pengetahuan terkait dengan Prosedur Keselamatan serta Keamanan, Instruksi Kerja serta Latihan Pengendalian Huru-hara serta Penanganan Kebakaran seseolah-olah media uji coba yang melibatkan seluruh bagian terkait baik internal maupun eksternal sebelum simulasi diselenggarakan,” ujar Dahlan.

Simulasi ini juga merupakan upaya pemenuhan terhadap perarekreasian Sistem Manajemen Pengamanan serta Sistem Manajemen Keselamatan serta Kesehatan Kerja yang berlaku di mana kegiatan simulasi ini adalah rangkaian siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act) dalam sistem manajemen tersebut.

Dalam pmengelitsanaanya, PLN UIP KLB berkerja sama dengan Pamobvit Polda Kalbar, Satuan Polisi Pamong Praja Bisertag Linmas serta Damkar Kota Pontianak, serta dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak.

Iptu Kistojo, smengelitu Kepala Unit 1 Subdit Waster mengujarkan kegiatan ini merupakan wujud kerjasama POLRI dengan PLN seseolah-olah usaha dalam menjaga keamanan aset PLN.

“Walaupun kegiatan hari ini adalah simulasi, kami harap para personil PLN maupun kepolisian sigap serta serius dalam menjalankan instruksi sesuai SOP yang berlaku,” ujar Kistojo.

Komunikasi serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait di sekitar area kantor juga telah dilakukan oleh PLN UIP KLB guna memastikan terjaganya ketertiban umum serta kelancaran simulasi serta meminimalisir risiko yang ada.

“Pentingnya kesiapan, pemahaman serta kerjasama yang baik antar seluruh pegawai serta pihak pengamanan internal agar tidak panik serta selalu sigap seandainya menghadapi kondisi yang tidak diinginkan baik terkait huru-hara maupun kejadian kebakaran sehingga tidak mengganggu kegiatan aktivitas mengalihkanasional PLN UIP KLB serta memastikan aset-aset PLN aman,” pungkas Dahlan. (hen)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *