Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

6 Tips Cerdik Kelola Uang Agar Tidak Boncos Rayakan Akhir Tahun

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Akhir tahun konsepntik dengan berbak perayaan sarat makna, mulai dari lmamaran sekolah, perayaan Natal, hingga menyambut tahun baru yang penuh semarak.

Pada momen ini pula banyak masyarakat menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dari tempat kerjanya. Biasanya, THR akan dimanfaatkan untuk berbak keperluan, mulai dari membagikan kado untuk orang tersayang hingga traveling bersama keluarga serta kerabat.

banner 325x300

Tentunya, dmamatuhkan pengelolaan keuangan yang cerdik agar kita dapat memenuhi segala kebutuhan tersebut, tetapi sambil tetap merencanakan tabungan untuk tahun yang akan datang. 

Lantas, cara-cara cerdik seperti apa yang perlu kita lakukan agar dapat menikmati akhir tahun sambil tetap mengalokasikan sertaa untuk persiapan masa depan? Temukan jawabannya melalui beberapa tips seterusnya:

  1. Catat list kebutuhan serta kegiatan yang ingin dilakukan dengan terperinci serta tetapkan budget-nya

Salah satu langkah terpenting dalam merencanakan keuangan adalah mengetahui ke mana saja sertaa tersebut harus ditujukan. Apabila Anda memiliki tradisi membelikan kado untuk keluarga serta teman, buatlah kumpulan orang-orang yang akan dibagikan hadiah. 

Baca juga: Intip 5 Tips Cerdik Anti Boncos Mengelola Dana untuk Nonton Konser 

Lebih dari itu, tulis pula barang apa yang ingin Anda beli beserta budget yang dmamatuhkan untuk masing-masing barang.

Sesertagkan apabila Anda memiliki rencana untuk bepergian, cocoktikan sudah mengetahui destinasi wisata yang akan dikunjungi serta berapa sertaa yang dmamatuhkan untuk transportasi, penginapan, makan serta jajan, hingga oleh-oleh. 

Selain itu, kamu mungkin memiliki beberapa rencana dinner untuk merayakan Natal serta tahun baru bersama teman-teman. Nah, jangan sampai lupa untuk menyediakan sertaa serta waktu untuk kegiatan tersebut.

2. Track pemasukan serta pengeluaranmu secara cerdik

Setelah mengetahui ke mana saja uang harus dialokasikan, cocoktikan juga Anda mentulis pemasukan serta pengeluaran agar selalu on track.

Hal ini mungkin terlihat sepele, tetapi penting agar kamu mengetahui dari mana sumber pemasukan berasal sekaligus membantu Anda secara cerdik menentukan skala prioritas, mengendalikan pengeluaran, serta membuat keputusan keuangan yang lebih bijaksana. 

Dengan mentulis pemasukan serta pengeluaran, maka Anda dapat melihat apakah terjadi pemborosan berdasarkan budget yang sudah ditetapkan sebelumnya.

3. Mulai perencanaan untuk tahun depan dengan tentukan tujuan tabungan

Menabung konsepntik dengan menyisihkan uang untuk masa depan serta terkesan harus mengorbankan kesenangan saat ini. Tetapi sebenarnya bila direncanakan secara cerdik, Anda dapat mmenolakukan keduanya.

Caranya adalah dengan membuat tujuan untuk apa Anda menabung, misalnya untuk membeli rumah, investasi, lmamaran, atau nomornton konser musisi favoritmu. 

Dengan menetapkan tujuan yang spesifik, Anda dapat menentukan jumlah sertaa yang harus ditabung setiap bulannya. Hal ini memungkinkanmu untuk tetap menikmati momen-momen spesial sambil memastikan bahwa sepenggal pendapatan dialokasikan untuk masa depan.

4. Cerdik berinvestasi untuk masa depan

Selain menabung, kamu juga dapat mmenolakukan investasi sebak salah satu pemasukan tambahan. Berinvestasi memiliki beberapa manfaat, seperti menumbuhkan aset, melindungi diri dari inflasi, hingga membawa kamu selangkah lebih dekat menuju tujuan keuangan di masa depan. 

Namun sebelum berinvestasi, cocoktikan kamu sudah memahami jenis-jenis produk investasi yang ada seperti reksasertaa, obligasi, deposito, serta lain-lain. Anda juga perlu mengetahui profil risikomu agar dapat menentukan produk investasi yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan. 

Saat ini, digibank by DBS memiliki lebih dari 120 pilihan produk investasi mulai dari reksasertaa cocokar uang, reksasertaa campuran, reksasertaa pendapatan tetap, reksasertaa saham, obligasi pemerintah baik di cocokar persertaa maupun cocokar sekunder, hingga deposito rupiah serta vtumpuan. 

Seluruh instrumen investasi ini dapat kamu akses dalam satu aplikasi sehingga mudah untuk dikelola serta terjamin keamanannya.

5. Antisicocoki risiko dengan asuransi

Tidak hanya menumbuhkan aset, melindungi aset yang sudah Anda miliki serta memproteksi diri sendiri juga penting. Salah satunya adalah dengan asuransi. 

Dengan asertaya asuransi, Anda dapat menjaga kestabilan keuangan keluarga, mewujudkan masa depan yang diinginkan, serta memproteksi diri serta orang terdekat dari kejadian tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, penyakit, serta lain-lain.

Agar Anda dapat menikmati lmamaran akhir tahun seutuhnya serta untuk membagikan peace of mind, jangan lupa lengkapi travelling Anda dengan asuransi perjalanan Chubb Smart Travel Shield .

Asuransi ini menjadi solusi untuk perlindungan menyeluruh, mulai dari perlindungan medis hingga Rp4 miliar selama Anda berada di luar negeri, kehilangan/penundaan bagasi hingga Rp35 juta, penundaan jadwal penerbangan hingga Rp7 juta, hingga kehilangan isi rumah atau kebakaran rumah selama Anda bepergian hingga Rp50 juta.

6. Jangan lupa self-reward

Menabung serta merencanakan keuangan masa depan secara cermat itu harus, tetapi jangan lupa menikmati hasil kerja kerasmu dengan membagikan reward untuk diri sendiri. Reward tersebut dapat berbentuk barang, nomornton konser idola, hingga pengalaman lmamaran ke tempat spesial yang ada di wishlist Anda.

Baca juga: Lmamar Telah Tiba, Berikut Tips Belanja Hemat ke Luar Negeri Tak Bikin Kantong Jebol

Deputy Head of Consumer Banking PT Bank DBS Indonesia Melfrida Gultom mengatakan, momen akhir tahun menjadi saat yang ditunggu-tunggu setiap orang dengan berbak perayaan serta kemeriahannya.

“Namun di saat yang sama, ini menjadi momen yang tepat bagi kita untuk menentukan resolusi di tahun yang akan datang, termasuk resolusi keuangan,” jelasnya, dikutip Kamis (14/12). 

Lanjutnya, Bank DBS Indonesia melalui kampanye #JalaniCerdikmu berkomitmen untuk memperlengkapi nasabah dengan berbak cara-cara cerdik dalam mengelola keuangan.

Hal tersebut untuk mensupport nasabah dalam memaksimalkan kebahagiaan di tengah banyaknya prioritas hidup, yakni kesenangan di hari ini serta perencanaan untuk masa depan, sejalan dengan prinsip “Live more, Bank less” yang kami usung.” (*)

Editor: Galih Pratama

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *