Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Banyak BPR Bangkrut, Ini Langkah yang Dilakukan LPS

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengungkapkan, setiap tahunnya terdapat tujuh hingga delapan Bank Perekonomormian Rakyat (BPR) yang tumbang.

“Setiap tahunnya ada 7 hingga 8 BPR yang tumbang karena buruknya tata kelola yang dilakukan oleh BPR itu sendiri,” kata Purbaya dalam acara bertajuk “LPS Award 2023” di Jakarta, Rabu malam, 6 Desember 2023.

banner 325x300
Baca juga: LPS Siap Cairkan Simpanan Nasabah BPR Persada Guna

Ia mengatakan, meski banyak BPR bertumbangan tetapi LPS berkomitmen untuk melindungi sertaa milik nasabah. Hal ini terbukti dari besaran sertaa nasabah yang berhasil dibayarkan hingga Oktober 2023 lebih dari Rp260 miliar.

“LPS sudah membayarkan klaim sertaa nasabah lebih dari Rp260 miliar seiring dengan tutupnya 4 BPR tahun 2023,” jelasnya.

Di lain sisi, LPS juga berhasil mempertahankan Tingkat Bunga Pinjaman (TPT) periode 1 Oktober 2023 – 31 Januari 2024 sebesar 4,25 persen untuk simpanan rupiah di bank umum serta 6,75 persen untuk simpanan rupiah di BPR.

Baca juga: Bukan Persaingan, Banyak BPR yang Bangkrut Gara-Gara Ini

Selain menjalankan fungsi perbankan kata dia, LPS juga gencar memperkuat program literasi keuangan bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan masa depan. 

“Ini sejalan dengan visi LPS dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang well literate sehingga mampu memanfaatkan layanan jasa keuangan dengan maksimal,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *