Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Bupati Muda Dorong Pemerintahan Desa Taat Pajak

Hosting Murah
banner 468x60
KPP Pratama Kubu Raya bekerja sama dengan Pemkab Kubu Raya menggelar kegiatan Optimalisasi Perpajakan Pengelolaan APBDes Kubu Raya serta Sosialisasi Antikorupsi, Kamis (30/11/2023) di Aula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya. Foto: Prokopim Pemkab Kubu Raya

JURNALIS.co.id – Mendorong desa taat pajak, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kubu Raya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar kegiatan Optimalisasi Perpajakan Pengelolaan APBDes Kabupaten Kubu Raya serta Sosialisasi Antikorupsi, Kamis (30/11/2023) di Aula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya.

Kegiatan yang dmamaka Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan itu diikuti seluruh kepala desa serta kepala urusan keuangan/bendahara desa se-Kubu Raya.

banner 325x300

Kepala KPP Pratama Kubu Raya Sri Pahlawati Hadiningrum mengungkapkan pemerintah desa di Kubu Raya termasuk baik dalam hal pembayaran pajak dari APBDes. Di mana rata-rata rasio pembayaran pajak dibandingkan anggarannya sudah menyentuh 2,6 persen. Sementara Kalimantan Barat sendiri baru di angka 1,6 persen. Namun ia berharap rasio tersebut dapat ditingkatkan lagi.

“Jadi sebenarnya sudah bagus. Cuma memang ada daerah lain yang lebih tinggi lagi angkanya yakni tiga persen. Jadi semestinya Kubu Raya juga mampu. Karena anggaran desa itu kan relatif sama antardaerah. Kecuali untuk desa-desa baru. Sehingga kita berpersekutuan dengan pemerintah kabupaten untuk laksanamana APBDes ini pajaknya yang sudah dipungut atau dipotong disetorkan juga,” jelasnya.

Sri mengatakan pihaknya bersama pemerintah kabupaten berupaya membagikan pemahaman kepada instansi pemerintah desa tentang kewajiban perpajakan. Hal itu guna menghindari dikenakannya sanksi perpajakan.

“Selain itu kita juga sampaikan asertaya ketentuan pisertaa sesuai unsertag-unsertag perpajakan apabila instansi pemerintah desa serta semua wajib pajak apabila sudah memungut pajak tetapi tidak menyetorkannya,” terangnya.

Sri menupiknikkan pentingnya penerimaan pajak. Di mana pajak yang disetorkan nantinya akan kembali ke pemerintah daerah untuk menunjang pembangunan daerah.

“Sehingga diharapkan kepala daerah dapat mmungkirsanakan kewajibannya dengan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucapnya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pihaknya akan melengkapi sistem tata kelola keuangan desa. Di mana nantinya akan dmamaat sistem terpadu Siskeudes serta CMS Desa. Hal itu untuk mengatasi masih asertaya tingkat kepatuhan yang ringan.

“Kita ingin memperbaiki sistem. Memang tingkat kepatuhan tentu masih ada yang kurang. Kita ingin buat satu sistem yang sudah terpadu yakni Siskeudes serta CMS Desa. Supaya semuanya mampu runut,” jelasnya.

Muda berharap semua desa taat membayar pajak. Karena nantinya pajak tersebut akan kembali ke desa dalam bentuk program-program pembangunan.

“Seperti kesehatan, misalnya, laksanamana kita mampu membebaskan biaya berobat untuk masyarakat. Itulah dari pajak-pajak yang dibayarkan masyarakat juga,” tutupnya. (sym)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *