Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

rewrite judul artikel ini IKN Bakal Beri Efek Besar di Sektor Logistik 

Biaya Logistik
Hosting Murah
banner 468x60

Pembangunan Ibu kota Nusantara (IKN) akan memiliki dampak besar pada sektor logistik pelabuhan di masa depan. Menurut Direktur PT Mitra Investindo Tbk (MITI), Bambang Ediyanto, status Ibu kota Nusantara akan menjadi pusat baru untuk arus logistik dan barang. “Potensinya tentu besar, karena statusnya sebagai ibu kota. Jika berjalan sesuai rencana, pemusatan arus barang tidak hanya akan terjadi di pelabuhan-pelabuhan besar yang ada saat ini di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi,” katanya pada tanggal 29 November 2023.

Bambang juga menyatakan bahwa perusahaan pelayaran dan logistik saat ini siap untuk mengembangkan bisnisnya di IKN. “Kami akan fokus di Balikpapan, di MITI kami juga sedang mempersiapkan layanan logistik yang lengkap. Misalnya, untuk pelacakan pergudangan, jalur pelayaran, kontainer, dan lain-lain,” ujarnya. Dia optimis bahwa Balikpapan memiliki potensi besar sebagai Ibu kota negara. “Kita tahu bahwa pengelolaan logistik memainkan peran penting dalam perkembangan ekonomi suatu negara. Dengan pengelolaan logistik yang efisien, biaya tinggi dapat ditekan sehingga harga jual juga dapat lebih kompetitif,” tambahnya.

banner 325x300

Potensi besar dari sektor logistik pelayaran di IKN dapat dilihat dari tingginya investasi penyewaan jasa kapal tunda di perairan IKN. Menurut data Asosiasi Pengusaha Pelayaran Nasional Indonesia (INSA), harga komoditas alam tetap stabil sejak pertengahan tahun 2023. Di sisi lain, permintaan yang tinggi untuk pengangkutan bahan-bahan infrastruktur di Ibu kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur juga menjadi faktor peningkatan investasi dalam sektor ini.

Carmelita Hartoto, Ketua Umum INSA, mengatakan bahwa harga komoditas seperti nikel dan batu bara masih tinggi. “Ada juga permintaan untuk pengangkutan ke IKN, termasuk pipa dan bahan-bahan konstruksi lainnya. Secara umum, segala hal yang terkait dengan konstruksi, infrastruktur, dan bahan bangunan mulai banyak menuju IKN,” jelasnya.

Pemerintah terus melanjutkan pembangunan infrastruktur IKN di Kalimantan Timur. Beberapa BUMN juga terlibat dalam investasi di berbagai sektor. Misalnya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT PLN (Persero), dan BUMN Karya. Dalam sektor infrastruktur, beberapa ruas tol di IKN diperkirakan akan selesai pada tahun 2024 melalui proyek bersama antara BUMN Hutama Karya dan Brantas Abipraya.

Sebelumnya, Kementerian BUMN telah membentuk perusahaan patungan bernama PT Karya Logistik Nusantara (KLN), yang terdiri dari enam BUMN Karya. Bambang juga menambahkan bahwa MITI siap untuk berkomitmen penuh dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui peningkatan kinerja dalam penyediaan layanan perkapalan dan logistik yang terus berkembang dan terintegrasi, terutama dalam mendukung persiapan IKN.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *