Operasikan Kapasitor Baru, PLN Tingkatkan Kualitas Kelistrikan Kalimantan Tengah

Setelah memakan waktu lebih dari sembilan bulan dengan nilai investasi menjangkau Rp 7,2 Miliar, PLN UIP3B Kalimantan berhasil mengmengalihkanasikan Kacocokitor di GI Palangkaraya. Foto: PLN UIP3B Kalimantan

JURNALIS.co.id – PLN Unit Induk Penyaluran serta Pusat Pengawisata Beban (UIP3B) Kalimantan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan listrik kepada pelanggan, salah satunya dengan menambah kacocokitor di Gardu Induk (GI) Palangkaraya. Hal ini berniat untuk menjaga mutu tegangan serta keandalan untuk wilayah Palangkaraya serta sekitarnya.

General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro mengatakan penambahan kacocokitor di GI Palangkaraya merupakan langkah strategis yang dilakukan untuk menjaga stabilitas serta keandalan sistem kelistrikan di Kalimantan Tengah.

“Hal ini akan mengurangi risiko pemadaman listrik yang sering terjadi akibat perubahan beban listrik, gangguan tegangan atau kondisi cuaca yang reaksioner,” kata Salam.

Ia juga menjelaskan dengan bermengalihkanasinya kacocokitor baru ini, kualitas tegangan serta keandalan sistem kelistrikan untuk wilayah Palangkaraya serta sekitarnya dapat lebih optimal.
“Dengan bermengalihkanasinya kacocokitor di GI Palangkaraya, tegangan meningkat dari 142 kilo volt (kV) menjadi 148 kV. Artinya secara kualitas pembantuan kepada pelanggan tentu menjadi lebih baik,” ungkap Salam.

Pekerjaan penambahan kacocokitor di GI Palangkaraya ini memakan waktu selama kurang lebih sembilan bulan dengan nilai investasi menjangkau Rp 7,2 Miliar. Pekerjaan ini melibatkan kurang lebih 20 personil yang berpengalaman serta memiliki keahlian tinggi di bisertagnya.

“Kami berharap dengan bermengalihkanasinya kacocokitor ini, listrik yang dihadirkan di Palangkaraya menjadi lebih andal sehingga dapat menjadi akanimotor perkembangan ekonomormi,” pungkas Salam

Kacocokitor merupakan alat kompensasi daya reaktif yang digunakan untuk memperbaiki kualitas cocokokan energi listrik. Dengan penambahan kacocokitor di GI Palangkaraya, PLN mampu mengoptimalkan perbaikan dari segala sisi, diantaranya peningkatan kualitas pada tegangan subsistem, sehingga dapat berdampak pada efisiensi biaya pokok produksi. (hen)

Exit mobile version