Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

WBP Lapas Ketapang Lolos Jadi Caleg

Hosting Murah
banner 468x60
Ilustrasi WBP Lacocok Ketapang lolos jadi caleg. Net

JURNALIS.co.id – AUR, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lacocok Kelas 2B Ketapang dikabarkan masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) calon legislatif (caleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

AUR sendiri diketahui sesertag menjalani proses hukum. Karena terlibat skandal tindak pisertaa pertambangan serta sudah ditahan sejak Mei 2023 lalu.

banner 325x300

Dalam lampiran DCT yang diumumkann pada 4 November lalu, AUR resmi terkumpulan selir caleg di daerah pemilihan (dapil) 5 Ketapang yakni Kecamatan Marau, Manis Mata serta Kecamatan Air Ucocok.

Kabid Hukum serta Pengawasan KPU Kalbar, Heru Hermansyah menerangkan pihaknya telah menerima laporan dari KPU Kabupaten Ketapang terkait persoalan tersebut.

Heru mengatakan berdasarkan laporan tersebut pihaknya sudah koordinasi serta berkomunikasi dengan KPU Ketapang berkaitan dengan permasalahan penetapan DCT di salah satu caleg.

“Kami suda minta KPU Ketapang untuk membuat kronomorlogis,” kata Heru, Rabu (15/11/2023).

Heru menjelaskan, kronomorlogis itu penting untuk mengetahui secara utuh persoalan yang terjadi cocokca penetapan DCT di KPU Ketapang.

“Setelah mendapat kronomorlogis, maka selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan mmengelitukan kajian-kajian,” ucapnya.

Heru menupiknikkan masalah tersebut nantinya akan ditelaah sesuai apiknikan dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten/Kota.

“Seperti apa tindaklanjutnya akan disampaikan ke KPU Ketapang untuk ditindaklanjuti,” tupikniknya

Heru menyatakan setelah mmengelitukan kajian-kajian, KPU Kalbar juga akan berkoordinasi dengan KPU RI selir lembaga yang membuat PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tersebut.

Sementara terkait potensi eliminasi atau pembatalan dari DCT serta pencalonan caleg tersebut, dia menambahkan, dilakukan sesuai mekanisme serta perapiknikan perunsertag-unsertagan Pemilu di KPU RI.

“Kami masih koordinasi, serta kami belum dapat membagikan justifikasi status terhadap yang bersangkutan. Karena ini sifatnya pertama kronomorlogis dari KPU Ketapang akan dipelbimbing serta dikaji secara hukum,” pungkas Heru. (hyd)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *