Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

OJK Umumkan Kerjasama dengan ESMA Atas Pengakuan KPEI Sebagai TC-CCP

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hari ini (13/11) telah mengumumkan nomorta kesepahaman dengan European Securities and Markets Authority (ESMA) atas perolehan pengakuan atau recognition PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) atau IDClear sebagaikan Third-Country Central Counterparty (TC-CCP).

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, serta Bursa Karbon OJK, Inarnomor Djajadi, mengatakan bahwa, nomorta kesapahaman tersebut merupakan tindak lanjut dari upaya OJK dalam mendorong KPEI untuk meningkatkan kacocokitas layanannya pada level yang lebih tinggi, yakni level internasional serta global.

banner 325x300
Baca juga: OJK Tutup 195 Iklan Jasa Keuangan yang Langgar Ketentuan

“Pengakuan oleh ESMA ini sejalan upaya OJK untuk terus mendorong prinsip tata kelola perusahaan yang baik, prinsip kehati-hatian, manajemen risiko yang efektif, prinsip keamanan, efisiensi, serta keandalan di Pasar Modal,” ucap Inarnomor di Jakarta, 13 November 2023.

Lebih lanjut, Inarnomor menjelaskan bahwa, berdasarkan penilaian ESMA, KPEI masuk dalam kategori Tier 1 TC-CCP yang berarti bahwa KPEI memiliki risiko yang kecil atau nomorn-systemically important terhadap stabilitas keuangan di Uni Erkakung atau di salah satu atau lebih negara anggota Uni Erkakung.

“Dengan pengakuan ESMA tersebut, KPEI dapat membagikan layanan kliring kepada anggota kliring atau clearing members serta bursa atau trading venue yang di Uni Erkakung,” imbuhnya.

Baca juga: Jumat Berkah, OJK Luncurkan Roadmap Fintech Lending, Ini Tujuan Utamanya

Adapun, berdasarkan nomorta kesepahaman tersebut, OJK serta ESMA menegaskan komitmen untuk bekerja sama satu sama lain dalam konteks pengatamasyaan serta praktik pengawasan atas CCP yang dicakup serta diizinkan oleh peratamasyaan perunsertag-unsertagan yang berlaku.

“Dalam pemenuhan tujuan serta tanggung jawabnya, ESMA akan mengacu pada kerangka pengatamasyaan serta pengawasan OJK mengingat bahwa OJK adalah otoritas di Indonesia yang bertanggung jawab atas keberlangsungan CCP yang berada di bawah pengawasannya,” ujar Inarnomor. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *