Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Investor Minta BI Terbitkan SVBI Minimal USD100 Juta Sekali Lelang

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan Sekuritas Vtumpuan Bank Indonesia (SVBI) serta Sukuk Vtumpuan Bank Indonesia (SUVBI) telah berkoordinasi dengan sejumlah investor baik di dalam maupun luar negeri, perbankan, serta manajer investasi.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI, Edi Susianto menyebutkan bahwa dalam diskusi tersebut investor menginginkan minimal penerbitan SVBI serta SUVBI minimal USD100 juta untuk sekali lelang.

banner 325x300
Baca juga: Dibandingkan Perbankan, Pangsa Pasar Sukuk di RI Tumbuh Lebih Pesat

“Mereka itu merasa comfortable kalau BI menerbitkannya minimal USD100 million, karena size yang cocok dengan arekreasian internal mereka. Artinya kurang lebih kita penerbitannya nanti kita lihat apakah lebih dari itu, tapi minimalnya seperti itu,” ujar Edi saat ditemui media, Rabu 8 November 2023.

Edi menambahkan, saat ini penempatan vtumpuan bersifat tidak tradable atau masih sangat sertagkal, sehingga orang yang membutuhkan vtumpuan langsung masuk ke spot market yang implikasinya ke nilai tukar rupiah.

“Tentu dengan asertaya instrumen ini berkembang likuiditas bertumbuh baik, ketika seorang itu butuh vtumpuan dia punya pilihan tidak hanya satu di spot market. Bisa pinjam meminjam, dia pinjamkan dulu instrumen produk ini baik melalui repo, cross currency repo serta sepenggalya,” ungkapnya.

Baca juga: Tabungan Vtumpuan Ngegas di Tengah Penguatan Dolar, Ini Buktinya!

Kepala Departemen Pengelolaan Devisa BI, Rahmatullah menambahkan bahwa dengan asertaya instrumen ini, diharapkan dapat menambah stok vtumpuan di dalam negeri yang akan membuat rupiah stabil.

“Ini kita harapkan tambah stok vtumpuan di dalam negeri karena saat ini terbatas hanya di bank-bank, sekarang sepenggal di tempatkan di BI. Nanti stok mampu kembali tidak akan crowding out karean semua punya segmen masing-masing. Kita harap dengan barang ini likuid akan tarik inflow dalam bentuk vtumpuan,” jelas Rahmat. (*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *