Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

BI Mengungkap Tiga Poin Penting yang Mendorong Ekosistem Investasi Haji

Hosting Murah
banner 468x60

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Juda Agung, telah mengungkapkan tiga poin penting dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas pengelolaan investasi di sektor industri umrah dan haji nasional. BI bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dalam mengembangkan investasi di sektor haji dan umrah.

Poin pertama adalah memberikan perhatian serius pada instrumen investasi. Juda menjelaskan bahwa instrumen investasi di sektor haji dan umrah sangat beragam, sehingga diperlukan regulasi yang beragam pula untuk mengatur setiap instrumen tersebut. BI akan mengimplementasikan instrumen investasi baru seperti Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI) dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUVBI).

banner 325x300

Dalam konteks syariah, SUVBI dapat menjadi alternatif untuk menempatkan dana haji dalam bentuk mata uang asing, sehingga mengurangi risiko dana investasi haji domestik ditempatkan di luar negeri.

Poin kedua berkaitan dengan mekanisme pembayaran dan settlement. Bank Indonesia telah memperkenalkan Local Currency Transaction (LCT) yang memudahkan transaksi bilateral antara entitas di Indonesia dengan negara mitra melalui mata uang yang disepakati. LCT telah beroperasi di Malaysia, Thailand, dan Tiongkok. Bank Indonesia juga berencana untuk mengembangkan penggunaan LCT ke negara lain, termasuk Arab Saudi, yang akan memberikan manfaat bagi jamaah haji Indonesia di sana.

Poin ketiga adalah digitalisasi. BPKH merencanakan pengembangan super aplikasi untuk layanan haji secara end to end. Super aplikasi ini akan terintegrasi dengan QRIS, sehingga memberikan kenyamanan yang lebih besar bagi jamaah haji. Bank Indonesia juga sedang berusaha untuk menggunakan QRIS sebagai media pembayaran dan transaksi dengan Arab Saudi.

Jika upaya kolaborasi QRIS dengan Arab Saudi berhasil dan super aplikasi BPKH siap digunakan, maka akan meningkatkan kenyamanan jamaah haji Indonesia di Mekah, Jeddah, dan Madinah dalam bertransaksi.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *