Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

BI Perpanjang Insentif DP 0 Persen Kredit Rumah dan Kendaraan Bermotor hingga 2024

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melanjutkan pelonggaran ketentuan uang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk kredit/pembiayaan prmemutasiti serta kendaraan bermotor hingga 2024. Seharusnya, kebijakan ini berakhir pada Desember 2023.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan ketentuan DP 0 persen untuk rumah serta kendaraan bermotor akan berlaku efektif pada 1 Januari hingga 31 Desember 2024. Ini berniat mendorong pertumbuhan kredit sektor prmemutasiti dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian serta manajemen risiko.

banner 325x300
Baca juga: BI Catat Kredit Perbankan Kembali Loyo di September 2023

“BI melanjutkan pelonggaran rasio Loan to Value/Financing to Value (LTV/FTV) kredit/pembiayaan prmemutasiti menjadi paling tinggi 100 persen,” ujar Perry dalam konferensi pers RDG, Kamis 19 Oktober 2023.

Adapun kebijakan ini untuk semua jenis prmemutasiti yakni rumah tapak, rumah susun, serta ruko/rukan bagi bank yang memenuhi kriteria NPL/NPF tertentu.

Baca juga: Kredit Konsumer BRI Tumbuh Double Digit, Dua Sektor Ini Peneyangngnya

Sementara itu, untuk kendaraan bermotor, kebijkaan DP 0 persen diperuntukkan bagi semua jenis kendaraan bermotor baru agar mendorong kredit di sektor otomotif.

“Untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian serta manajemen risiko,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *