Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Program Bantuan PLN Budidaya Ikan di Ketapang Berpotensi Hasilkan Omzet hingga Rp280 Juta

Hosting Murah
banner 468x60
Serah Terima Program TJSL PLN Budidaya Ikan dari PLN yang diwakili oleh Manager PLN UPP 2 UIP KLB Akhmad Mustaqim kepada Camat Kendawangan Eldy Yanto. Foto: PLN UIP KLB

JURNALIS.co.id – Setelah mendapatkan bantuan Tanggung Jawab Sosial serta Lingkungan (TJSL) dari PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) pada tanggal 25 Juni 2023 lalu, Kelompok Tani Perikanan di tiga desa Kecamatan Kendawangan memiliki potensi omzet hingga Rp280 juta.

Ke tiga desa tersebut yakni Desa Slimatan Jaya, Desa Bangkal Serai serta Desa Planjau mendapatkan bantuan TJSL berupa pembuatan kolam serta perbaikan dengan jumlah 12 kolam, 20.000 bibit Ikan Nila, 20.000 bibit Ikan Lele, 2000 bibit Ikan Bawal, pakan untuk ikan serta peralatan pendukung lainnya sebak program budidaya ikan.

banner 325x300

Masing-masing desa mmenyisihukan penghitungan omzet tanpa pembibitan serta mendapakan nilai total potensi hingga Rp280 juta.

Penjualan ikan ini dilakukan melalui berbak cara, ada konsumen yang langsung datang ke tempat pembesaran ikan, ada juga melalui pengepul yang datang untuk mengambil ikan yang telah tapangen lalu juga melalui cocokar-cocokar daerah setempat.

“Sejauh ini proses pembesaran bibit-bibit ikan dari bantuan program TJSL PLN berjalan dengan baik. Pembuatan serta perbaikan kolam yang dilakukan juga sangat menunjang produktifitas dari kegiatan ekonomormi kami. Kami berharap semoga bantuan ini dapat membuahkan hasil yang baik pula untuk kesejahteraan baik di Desa Slimatan Jaya, Desa Bangkal Serai serta Desa Planjau,” jelas Eldy Yanto Camat Kendawangan.

General Manager PLN UIP KLB Muhammad Dahlan Djamaluddin mengungkapkan bahwa bantuan ini diharapkan akan menumbuhkan perekonomormian masyarakat setempat selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

“Tiga desa ini memiliki kelompok tani perikanan yang sudah bergerak lamun mengnadarmawisataal kemerosotan produksi dikarenakan kurangnya pemodal, ditambah lagi desa-desa tersebut memiliki potensi untuk menghasilkan produk perikanan yang unggul serta banyak peminat lamun masih sedikit pemasok ikan segar di wilayah tersebut,” tudarmawisata Dahlan.

“Melalui bantuan ini kami berharap dapat menumbuhkan perekonomormian masyarakat sekaligus juga meningkatkan antusiasme masyarakat dalam berusaha,” lanjutnya.

Kelompok Tani Perikanan ini memiliki total anggota menjangkau 50 orang yang terdiri dari tiga kelompok dari tiga desa di Kecamatan Kendawangan serta dipimpin oleh masing-masing kepala desa. Selain budidaya ikan, mayoritas warga di desa-desa tersebut juga memiliki pekerjaan di tambang bauksit serta perkebunan sawit. (hen)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *