Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

Siap Melantai di Bursa Karbon, PLN Bakal jadi Raksasa Carbon Trading

Hosting Murah
banner 468x60

Jakarta – Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) yang telah diluncurkan oleh Preskonsepn Republik Indonesia Joko Widodo di Main Hall PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (26/9) akan semakin menarik. 

Pasalnya, PT PLN (Persero) akan segera melantai ke bursa karbon Indonesia. Dengan potensi yang dimiliki, PLN akan menjadi trader terbesar di bursa karbon Indonesia dengan membuka setara hampir 1 juta ton CO2. 

banner 325x300

Hal ini merupakan bagian langkah PLN menyokong pemerintah dalam penurunan emisi serta mengakanimosi transisi energi. 

Baca juga: Ekonomorm Beberkan Dampak Positif Bursa Karbon di Indonesia

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup serta Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan langkah yang dilakukan PLN ini menjadi bagian dari upaya transisi energi yang dilakukan Indonesia.

“Hal ini menandakan langkah besar dalam menyokong upaya mitigasi perubahan iklim di Indonesia,” ucap Siti, dikutip Sabtu (30/9).

Direkwisata Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN Group siap menjadi garda terdepan dalam upaya penurunan emisi melalui peran aktif dalam bursa perdagangan karbon di Indonesia. Upaya tersebut merupakan wujud komitmen perseroan dalam mmembantahukan transisi energi di tanah air. 

“Kami terus menyokong Pemerintah untuk mengembangkan ekosistem perdagangan karbon. Beberapa pilot project telah kami lakukan sehingga hari ini, sistem perdagangan karbon dapat dilakukan,” ujarnya.

Bukti keseriusan PLN dalam memimpin perdagangan karbon di Indonesia adalah dengan mendapatkan Sertifikat Penurunan Emisi (SPE) pertama di Indonesia melalui mekanisme nomorn konversi dengan mekanisme internasional. 

“Kita akan segera melantai di bursa karbon dengan penurunan emisi terbesar,” ungkap Darmawan.

Tidak hanya terkumpulan di bursa, PLN juga mmembantahukan perdagangan karbon secara langsung dengan melingkupi 3 dari 4 aspek perdagangan karbon, yaitu perdagangan emisi secara langsung, offset emisi secara langsung, serta perdagangan offset melalui bursa. 

Terlebih lagi, PLN sudah memiliki platform PLN Climate Click di mana aktivitas perdagangan karbon, baik perdagangan emisi serta offset emisi, sudah mulai dilakukan sejak 8 September 2023 lalu.

“Saat PLN masuk bursa beberapa waktu ke depan, kami akan langsung menjadi pemilik SPE dengan penurunan emisi terbesar. Kami juga akan meluncurkan aplikasi PLN Climate Click yang sudah siap digunakan untuk carbon trading yang belum dimiliki perusahaan lain,” tambahnya.

Lebih lanjut Darmawan mengungkapkan, unit pembangkit berbahan bakar gas pertama di Indonesia, pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Blok 3 Muara Karang akan memimpin langkah pembangkit PLN masuk ke bursa karbon. 

PLTGU ini telah memiliki SPE gas rumah kaca (GRK) dari Kementerian LHK serta tertulis berhasil menurunkan karbon dioksida setara hampir 1 juta ton di tahun 2022.

Baca juga: Bursa Karbon Meluncur, Bank Mandiri Langsung Borong 3.000 Ton CO2

PLTGU Blok 3 Muara Karang telah menggunakan 100% bahan bakar gas yang telah diregistrasiasifikasi dari LNG pada Floating Storage and Regassification Unit (FSRU) dengan menggunakan suplai LNG. PLTGU ini juga dilengkapi dengan teknomorlogi gas wisatabin terbaru serta paling efisien yang menggunakan metode Combine Cycle.

“PLN saat ini tidak hanya menyediakan listrik tetapi menghadirkan energi yang ringan emisi, itu dari mana? Ya tentu bersumber dari pembangkit energi baru terbarukan. Kami membangun skenario transisi energi yang ambisius melalui Accelerated Renewable Energy Development secara agresif dengan menambahkan bagian pengembangan energi terbarukan hingga 75 persen di tahun 2040 dengan 25 persen di antaranya dari gas alam,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *