Solusi Dari Pemda Untuk Mempermudah Akses Masyarakat Ke Stasiun LRT

LRT Jabodebek

Jakarta – Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno, menyatakan pentingnya menyediakan fasilitas angkutan umum dari kawasan perumahan menuju stasiun terdekat (feeder). Tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat menggunakan LRT Jabodebek dan meningkatkan jumlah penumpang. Pernyataan tersebut dikutip pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Menurut Djoko, pemerintah daerah seharusnya membantu menyediakan akses menuju stasiun LRT bagi warganya. Meskipun hal ini sebenarnya menjadi tanggung jawab operator LRT Jabodebek dan pemerintah pusat (BPTJ).

Permintaan tersebut tidaklah tanpa alasan. Kurangnya fasilitas angkutan umum di wilayah Bodebek juga mempengaruhi minat warga untuk beralih menggunakan LRT Jabodebek. Oleh karena itu, kerjasama dan koordinasi antara Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri diperlukan, kata Djoko yang juga Wakil Ketua Pemberdayaan dan Penguatan Wilayah MTI Pusat.

Djoko juga berharap pemerintah segera merevisi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2023 tentang Pemerintah Daerah dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Hal ini bertujuan agar penyediaan fasilitas angkutan umum menjadi kebutuhan dasar yang mendapatkan perhatian pemerintah.

Editor: ScienceofChange

Exit mobile version