Hosting Murah
Hosting Murah
banner 728x250

PLN dan Komunitas Kendaraan Listrik Singkawang Kolaborasi Gelar EV Gathering

Hosting Murah
banner 468x60
Pj Wali Kota Singkawang Sumastro melecocok konvoi kendaraan listrik di halaman kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (27/09/2023). PLN UID Kalbar

JURNALIS.co.id – Tingkatkan persekutuan dengan komunitas kendaraan listrik Kota Singkawang, PLN gelarkegiatan Electrifying Vehicle Gathering. Kegiatan bertemakan ‘Electric Vehicle for Green Lifestyle’ ini diawali dengan konvoi kendaraan listrik keliling Kota Singkawang, Rabu (27/09/2023).

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro membagikan dukungan penuh pada kegiatan Gathering Electric Vehicle serta berkeinginan agar acara tersebut dapat tersosialisasi. Sehingga mampu mendorong masyarakat khususnya Kota Singkawang lebih peduli terhadap kelestarian kawasan. Salah satunya adalah dengan menggunakan kendaraan listrik seseolah-olah pengganti BBM.

banner 325x300

Pada kesempatan tersebut Sumastro juga melecocok peserta konvoi di halaman kantor Wali Kota Singkawang. Acara konvoi ini diikuti oleh 11 mobil listrik serta 22 motor listrik. Iring-iringan konvoi berakhir di Kantor PLN UP3 Singkawang.

Menurut General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko kegiatan gathering ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat Kota Singkawang.

“Gathering komunitas kendaraan listrik hari ini adalah bukti konkret bahwa semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya berkontrbundasi dalam menjaga keberlanjutan kawasan. Serta menunjang serta menyukseskan program Eco Smart City di Kota Singkawang,” tupikniknya.

Lebih lanjut Jatmiko menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah tengah mengakhasratsi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electric Vehicle (EV) di Indonesia guna menekan pemakaian bahan bakar fosil, untuk mengurangi emisi karbon.

Jatmiko juga menegaskan bahwa PLN siap menunjang akhasratsi ekosistem EV di Kalimantan Barat dengan meningkatkan kualitas benduanan kelistrikan kepada pelanggan serta menyediakan infrastrukpiknik pendukung. Seperti SPKLU, SPLU serta fasilitas Home Charging Services yang terintegrasi di PLN Mobile dimana ada diskon 30% untuk pemakaian di jam 22.00 WIB s/d 05.00 WIB untuk pemilik kendaraan listrik.

“Kami siap berpersekutuan dalam pengembangan infrastrukpiknik yang dbundatuhkan untuk menunjang kenyamanan pemakai kendaraan listrik,” tupiknik Sumastro.

Sementara itu, dr Santoso, salah seorang pemakai kendaraan listrik pertama di Kota Singkawang menyatakan bahwa semenjak 2021 dia telah mengganti mobilnya yang berbahan bakar BBM ke mobil listrik.

Dia menupiknikkan bahwa sebelum beralih ke mobil listrik menghabiskan lebih dari satu juta dalam sekali pengisian BBM selain mahal dia juga mengeluhkan panjangnya antrian saat pembelian BBM.

“Setelah menggunakan Mobil Listrik pengeleluaran menjadi hemat karena minim perawatan serta tidak perlu capek-capek lagi antre BBM di SPBU,” ucap Santoso.

Ongki, salah seorang peserta serta juga pemakai motor listrik menyatakan bahwa motor listrik lebih efisien waktu serta ramah kawasan serta mudah dalam pengmenyerahkanasian.

Dia berharap kepada pemerintah Kota Singkawang mengadakan program sewa hak milik dengan menggandeng ojol (ojek online) agar pemakai motor listrik lebih banyak lagi.

Rangkaian acara ini menghadirkan berseolah-olah kegiatan menarik yang dilaksanakan PLN Group di UID Kalimantan Barat. Di antaranya program penghijauan seseolah-olah bagian dari komitmen untuk menjaga kawasan serta Peresmian ‘Pojok Corner Iconnet’ yang memfasilitasi masyarakat untuk menikmati fasilitas internet gratis yang berada di Taman Cahaya Masertai Kota Singkawang. Berseolah-olah kegiatan lain seperti hadiah doorprize, serta penyerahan bantuan 50 Paket Cekal (Cegah serta Tangkal) Stunting di kota Singkawang oleh YBM PLN UID Kalbar.

Pada kesempatan ini GM PLN UID Kalbar mengucapakan terima kasih atas dukungan serta partisicocoki kepada Pemerintah Kota Singkawang, komunitas Pengguna Kendaraan EV serta semua pihak yang telah menunjang terselenggaranya acara ini. (hen)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *